Begini Hasil Jepretan Ponsel Lima Kamera Nokia 9 PureView

Kompas.com - 28/02/2019, 18:51 WIB
Nokia 9 PureView, ponsel pertama dengan lima kamera.BGR Nokia 9 PureView, ponsel pertama dengan lima kamera.

KOMPAS.com - HMD Global memperkenalkan lima produk sekaligus pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol. Salah satunya Nokia 9 PureView, seri paling premium dan mencuri perhatian.

Nokia 9 PureView adalah smartphone pertama yang membenamkan konfigurasi lima kamera (penta-camera), di kala vendor lain masih “sibuk” memamerkan ponsel tiga kamera (triple-camera) atau empat kamera (quad-camera).

Kelima kamera tersebut ditemani LED Flash untuk membantu pemotretan di malam hari. Ada juga fitur Time of Flight (ToF) 3D untuk memberikan kemampuan Augmented Reality (AR) yang lebih mumpuni.

Baca juga: Resmi, Nokia 9 PureView Ponsel Pertama dengan 5 Kamera

Kelima kamera Nokia 9 Pureview mengandalkan sensor 12 megapiksel dengan lensa Zeiss . Masing-masing terdiri dari sepasang sensor RGB dan tiga sensor monokrom.

Tak seperti vendor lain, HMD Global enggan memasang sensor sudut lebar (wide-angle) dan telephoto pada flagship teranyarnya. Lantas, bagaimana hasil fotonya?

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView

Ketika pengguna menjepret foto dengan Nokia 9 PureView, kelima sensor kamera berfungsi secara simultan untuk menangkap gambar dengan exposure berbeda-beda. Jepretan kelima kamera kemudian digabungkan untuk menghasilkan frame final.

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView

Dengan teknik ini, cahaya yang dikumpulkan diklaim bisa 10 kali lebih banyak ketimbang kamera ponsel konvensional. Selain itu, fitur ToF juga disebut menghasilkan kedalaman rendering berkelas profesional.

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView

Bukan cuma dari sektor produksi, HMD Global juga memikirkan post-processing dari penjepretan kamera Nokia 9 PureView.

Smartphone tersebut bisa menghasilkan foto berformat RAW untuk penyuntingan gambar yang lebih maksimal. Ada juga aplikasi pengeditan Lightroom yang tersedia sebagai layanan bawaan.

Hasil bidikan Nokia 9 PureViewNokia Hasil bidikan Nokia 9 PureView
Nokia 9 PureView diotaki Snapdragon 845 yang dipadu RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Ponsel ini mengusung layar OLED dengan diagonal layar 5,99 inci beresolusi 2K.

Di dalam layar tersebut tertanam pula sensor pemindai sidik jari sebagai sistem keamanan. Smartphone ini mendukung kemampuan NFC, pengisian daya nirkabel, dan port USB-C.

Sayangnya, colokan headphone jack 3.5mm harus absen di ponsel ini. Ada juta sertifikat IP67 yang berarti, secara teori, ponsel ini mampu bertahan ketika terendam air berkedalaman maksimum satu meter selama setengah jam.

Baca juga: HMD Global Rilis 3 Smartphone Nokia Rp 2 Jutaan di MWC 2019

Tidak hanya itu, layarnya juga dilindungi Gorilla Glass 5. Nokia 9 PureView dibekali baterai 3.320 mAh dan dijalankan dengan sistem operasi Android murni versi Pie, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (28/2/2019), dari Gizmochina.

Hanya akan tersedia satu jenis warna yakni midnight blue yang dijual mulai dari 699 dollar AS (9,8 jutaan). Rencananya, ponsel ini akan mulai dipasarkan bulan Maret.

Selain Nokia 9 PureView, jejeran produk lain yang diperkenalkan HMD Global di MWC 2019 mencakup Nokia 210, Nokia 1 Plus, Nokia 3.2, dan Nokia 4.2.

Nokia 9 PureView diotaki Snapdragon 845 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Ponsel ini mengusung layar OLED dengan diagonal layar 5,99 inci beresolusi 2K. Di dalam layar tersebut tertanam pula sensor pemindai sidik jari sebagai sistem keamanan. Smartphone ini mendukung kemampuan NFC, pengisian daya nirkabel, dan port USB-C. Sayangnya, colokan headphone jack 3.5mm harus absen di ponsel ini. Ada juta sertifikat IP67 yang berarti, secara teori, ponsel ini mampu bertahan ketika terendam air berkedalaman maksimum satu meter selama setengah jam. Tidak hanya itu, layarnya juga dilindungi Gorilla Glass 5. Nokia 9 PureView dibekali baterai 3.320 mAh dan dijalankan dengan sistem operasi Android murni versi Pie. Hanya akan tersedia satu jenis warna yakni midnight blue yang dijual mulai dari 699 dollar AS (9,8 jutaan). Rencananya, ponsel ini akan mulai dipasarkan bulan Maret.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi, Nokia 9 PureView Ponsel Pertama dengan 5 Kamera", https://tekno.kompas.com/read/2019/02/25/09440057/resmi-nokia-9-pureview-ponsel-pertama-dengan-5-kamera.
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Fatimah Kartini Bohang

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X