Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Teknologi Mobile Terbaik di MWC 2019

Kompas.com - 01/03/2019, 07:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MWC

KOMPAS.com - Di pengujung Mobile World Congress (MWC) 2019, sang penyelenggara yang tak lain adalah asosiasi operator telekomunikasi dunia (GSMA), memberikan apresiasi ke industri teknologi khususnya sektor mobile.

Apresiasi itu berbentuk penganugerahan yang dinamai “Global Mobility of Employees” (GLOMO). Ada 10 kategori untuk merayakan inovasi mobile di segala aspek, baik hardware, software, jaringan, untuk konsumen luas, serta kebutuhan bisnis.

“Best Smartphone”

Huawei Mate 20 Pro terpilih sebagai “Best Smartphone” (ponsel terbaik) untuk periode 2018. Smartphone ini mengusung tiga kamera (triple-camera) hasil kerja sama dengan Leica.

Masing-masing  memiliki sensor dan lensa dengan sudut pandang (focal length) berbeda, yakni ultra wide (20 megapiksel, lensa f/2.2 setara 16mm full-frame), wide (40 megapiksel, lensa f/1.8 setara 27mm) dan telephoto (8 megapiksel, lensa f/2.4 setara 80mm).

Zoom optik bisa dilakukan hingga 5x, dari 16mm ke 80mm. Secara teknis, kemampuan tersebut bukan berasal dari lensa zoom yang tertanam, tetapi kombinasi tiga lensa fixed dengan focal length berbeda.

Dapur pacu Huawei Mate 20 Pro juga dipersenjatai Kirin 980 yang terbilang mumpuni untuk perangkat flagship. Chipset tersebut disusun dengan fabrikasi 7nm. Performanya diklaim meningkat 20 persen dari sang pendahulu. Konsumsi dayanya juga lebih hemat 40 persen.

Baca juga: Menjajal Ponsel Teratas Huawei, Mate 20 Pro

“Best Content and Media Innovation”

halaman login fortnite Androidyudha pratomo/KompasTekno halaman login fortnite Android

Beralih ke kategori lainnya yakni “Best Consumer Innovation” (inovasi konsumen terbaik). Sang pemenang tak lain adalah Epic Games yang mengembangkan game fenomenal “Fortnite”.

Game bergenre Battle Royale semacam Fortnite dan PUBG memang tengah digandrungi masyarakat. Sensasi kolaborasi yang menegangkan menjadi daya tarik utamanya.

Fortnite merupakan game banyak pemain (multi-player), di mana Anda dan teman-teman bisa menciptakan dunia sendiri untuk bertarung dan bertahan hingga akhir.

Game ini tersedia di berbagai platform, baik mobile (Android, iOS), desktop (Windows, macOS), maupun konsol (PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch).

Baca juga: Studi: Bermain PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

“Best Wearable Mobile Technology”

Arloji pintar Galaxy Watch turut diperkenalkan pada ajang Galaxy Unpacked, Kamis (9/8/2019), di New York, Amerika Serikat.Lulu Cinantya/Kompas.com Arloji pintar Galaxy Watch turut diperkenalkan pada ajang Galaxy Unpacked, Kamis (9/8/2019), di New York, Amerika Serikat.

Samsung Galaxy Watch diganjar penghargaan “Best Wearable Mobile Technology” (teknologi wearable terbaik). Arloji pintar yang dirilis pada Agustus 2018 tersebut mengusung desain dan fitur premium.

Tak perlu khawatir akan terlihat terlalu geek, sebab Galaxy Watch tampak seperti arloji sport yang kekinian. Sudah ada konektivitas 3G dan 4G LTE yang berdiri sendiri untuk mempermudah aktivitas pengguna.

Halaman:
Sumber MWC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com