Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Asli Huawei P30 dan P30 Pro?

Kompas.com - 01/03/2019, 08:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei akan meluncurkan Huawei P30 pada 26 Maret 2019 mendatang. Penerus Huawei P20 ini rencananya akan diperkenalkan pertama kali di Kota Paris, Prancis.

Seperti biasa, mendekati hari-H perilisan bocoran soal flagship ini makin marak beredar di ranah maya. Bocoran paling baru tak hanya mengungkap soal spesifikasi, tapi berwujud dalam versi dummy atau tiruannya.

Dalam sebuah foto yang diungkap Digital Trends tampak tercetak tulisan "Vogue" di sisi bawah yang biasa tersemat logo Huawei. Rumornya, "Vogue" adalah nama kode untuk Huawei P30.

Pemberian kode nama semacam ini juga sempat dilakukan Huawei sebelum Huawei P20 diluncurkan. Kala itu, Huawei P20 mengusung kode nama "Shirley".

Punggung Huawei P30 dan P30 Pro kabarnya akan dilapis dengan bahan kromium. Tidak tampak sensor pemindai sidik jari di belakang. Hal ini mengindikasikan Huawei akan menanamkan sensor tersebut di dalam layar, layaknya smartphone flagship keluaran terbaru.

Baca juga: Galaxy S10 Punya Sensor Sidik Jari Ultrasonik, Apa Itu?

Colokan jack audio 3,5mm tampaknya tetap absen di Huawei P30 dan P30 Pro. Terdapat colokan USB-C di bagian bawah untuk mengisi daya ponsel. Huawei P30 kabarnya akan ditenagai chipset Kirin 980 dan layar beresolusi full HD Plus.

Huawei disebut akan menelurkan dua model seperti pendahulunya, yakni Huawei P30 dan Huawei P30 Pro. Huawei P30 kabarnya akan dibekali tiga kamera di belakang, sementara versi "Pro" akan mengadopsi quadruple-camera atau modul kamera dengan empat lensa.

Jika mengacu pada rumor tersebut, maka gambar tersebut Huawei P30 sebab hanya tampak tiga kamera di belakang. Tapi dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (1/3/2019), dummy dalam foto tersebut diyakini sebagai Huawei P30 Pro.

Agaknya rumor ini sedikit berbeda dengan render yang dipublikasikan WinFuture baru-baru ini. Perbedaan tampak di sektor kamera. Selain dibekali tiga kamera yang tersusun vertikal, sebuah lensa kecil juga akan tersemat di bawah LED flash.

Rumor render Huawei P30 Pro WinFuture via 9toGoogle Rumor render Huawei P30 Pro

Belum diketahui pasti apa kegunaan lensa tersebut, apakah itu sensor ToF seperti rumor yang beredar atau bukan. Perbedaan lain juga tampak pada kamera paling bawah Huawei P30 Pro yang berbentuk persegi.

Kamera tersebut konon akan digunakan sebagai sensor pembesaran 10x optical zoom. Sementara dari render yang sama, tampak bagian depan Huawei P30 dan Huawei P30 Pro yang menyisakan takik atau poni kecil sebagai tempat kamera depan.

Render rumor Huawei P30WinFuture via 9toGoogle Render rumor Huawei P30

Sejauh ini belum ada informasi perihal semua konfigurasi kamera yang akan digunakan Huawei P30 dan P30 Pro. Rumor mana yang kira-kira mendekati benar, jawabannya akan segera terungkap kurang dari sebulan lagi.

Baca juga: Menjajal Ponsel Layar Tekuk Huawei Mate X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com