Ponsel Lipat Motorola Akan Tampil Beda dari Galaxy Fold dan Mate X

Kompas.com - 01/03/2019, 13:21 WIB
Ilustrasi lipatan ponsel lipat Razr Android AuthorityIlustrasi lipatan ponsel lipat Razr
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com - Tahun 2019 baru berjalan dua bulan, namun ponsel layar lipat sudah mengawali tren smartphone di tahun ini. Beberapa pabrikan, seperti Samsung dan Huawei, telah meluncurkan ponsel lipatnya masing-masing. 

Seakan tak mau ketinggalan, Motorola juga bakal membuat ponsel lipat di tahun 2019 ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Vice President of Global Product Motorola, Dan Dery.

"Kami (sebenarnya) sudah mulai mengembangkan ponsel lipat sejak beberapa waktu lalu," ujar Dery. Meski begitu, Dery mengatakan pihaknya tak berniat untuk meluncurkan ponsel lipat lebih lambat daripada pabrikan lain. 

Sebab, dia juga mempertimbangkan tanggal ketersediaan Samsung Galaxy Fold (April) dan Huawei Mate X (pertengahan 2019). Bisa dikatakan ponsel lipat Motorola mungkin bakal meluncur sekitar pertengahan tahun 2019.

Dery pun mengonfirmasi bahwa desain yang akan diusung oleh ponsel lipat besutan Motorola tak serupa dengan Galaxy Fold atau Huawei Mate X. 

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Konfirmasi desain dari Dery agaknya menguatkan bocoran paten yang muncul beberapa waktu lalu terkait ponsel lipat Motorola. 

Alih-alih dilipat keluar, laayr ponsel Motorola bakal memiliki mekanisme lipatan clamshell, yang dilipat ke arah dalam atau flip secara vertikal, mirip ponsel lipat Razr yang sempat populer di awal dekade 2000-an.

Bedanya, jika Razr lawas bagian bawahnya ditanamkan keypad, maka di ponsel lipat nanti area keypad akan digantikan oleh layar. Artinya, bagian atas dan bawah ponsel akan memiliki layar dan bisa dilipat mengandalkan engsel yang membagi rata dua bagian display tersebut.  

Desain ini berbeda dengan mekanisme desain ponsel lipat yang sudah diperkenalkan ke umum. Motorola pun punya alasan tersendiri terkait penerapan desain demikian.

Dilipat dua kali

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X