Pendaftaran Domain .dev Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 01/03/2019, 19:32 WIB
Ilustrasi perkenalan domain .dev 9to5GoogleIlustrasi perkenalan domain .dev
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Belum genap dua minggu diperkenalkan, pendaftaran top-level domain (TLD) .dev (dot dev) akhirnya mulai dibuka untuk umum.

Seperti namanya, TLD .dev merupakan domain yang diklaim Google cocok untuk pengembang aplikasi (developer) dan para pelaku industri teknologi.

Peminat TLD .dev bisa mendaftarkan nama-nama domain website dengan akhiran TLD .dev, seperti "namaanda.dev", "ideanda.dev", atau "apapun.dev".

Nantinya, di situs atau website dengan domain tersebut, para pengembang bisa memamerkan sofware terkait komputer, bahasa pemrograman, blog, dan informasi terkait lainnya.

Terkait website, secara default, semua situs berakhiran .dev akan menggunakan HTTPS untuk melindungi website sekaligus pengunjung  dari bahaya serangan malware iklan, tracking injection dari para penyedia layanan internet (ISP), maupun jaringan Wi-Fi yang tak terproteksi.

Baca juga: Domain .id Mulai Banyak Diminati Pengguna Luar Negeri

Untuk mendapatkan TLD .dev ini, peminat bisa mendaftarkan nama domain yang mereka inginkan di berbagai macam registrar preferensi mereka. Daftar registrar yang mendukung TLD .dev sendiri bisa dilihat di tautan berikut.

Untuk harga, banderol TLD .dev pun bervariasi tergantung registrar yang dipilih, rata-rata harganya mulai dari 15 dollar AS atau setara dengan Rp 211.796 per tahun.

Misalnya, domain "kompastekno.dev" dibanderol sekitar Rp 165.930/tahun di registrar milik Google . Sementara di registrar GoDaddy, domain dengan nama yang sama dibanderol dengan harga Rp. 201.727 untuk setahun pertama dan Rp 291.727 untuk tahun berikutnya.

Uniknya, Google menawarkan TLD .dev secara gratis kepada para peminat yang telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket acara Google I/O tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Jumat (1/3/2019).

TLD .dev ini sendiri merupakan alternatif dari TLD .app yang sudah diluncurkan Google tahun lalu. Serupa seperti TLD .dev, TLD .app juga cocok untuk para pengembang aplikasi dan mereka yang berkecimpung di dalam dunia teknologi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X