Cara Unik Mengaktifkan "Mode Gelap" di Facebook Messenger

Kompas.com - 04/03/2019, 08:29 WIB
Aplikasi Facebook Messenger.Istimewa Aplikasi Facebook Messenger.

KOMPAS.com - Mode gelap atau " dark mode" akhir-akhir ini menjadi sebuah fitur yang mulai banyak ditemukan di berbagai aplikasi. Selain menjadi lebih nyaman di mata, mode gelap juga bisa mengurangi konsumsi daya sebuah perangkat. 

Beberapa aplikasi sudah kedatangan mode gelap ini seperti YouTube, Twitter, bahkan sistem operasi Windows 10. Begitu pula dengan Messenger, aplikasi pesan instan buatan Facebook ini  rupanya juga sudah kedatangan mode gelap.

Mode gelap pada aplikasi lain biasanya diaktifkan lewat menu setting yang terpampang jelas. Namun beda halnya dengan Messenger. Dark mode di aplikasi chatting Facebook ini diaktifkan lewat cara yang unik, yakni dengan mengirim emoji ke pengguna lain. 

Baca juga: Facebook Messenger Sudah Bisa Hapus Pesan Terkirim, Begini Caranya

Tepatnya, emoji yang mesti dikirim adalah bulan sabit. Begitu terkirim, maka tampilan Messenger akan berubah menjadi serba gelap. 

Dirangkum KompasTekno dari Mobile Syrup, Senin (4/3/2019), ketika pengguna berhasil mengaktifkan mode gelap, sebuah pesan pop-up akan muncul. Pesan tersebut berisi sebuah informasi yang memberitahukan bahwa fitur terkait masih dalam tahap pengembangan.

Cara ini bisa diterapkan oleh pengguna Messenger di Android maupun iOS. Sayangnya, fitur mode gelap Messenger masih dalam tahap uji coba sehingga baru segelintir pengguna yang bisa melihatnya.  

Mode gelap pada Messenger sudah diumumkan oleh Facebook sejak Mei 2018 lalu, kemudian memulai tahap ujicoba pada awal Januari 2019 di negara-negara tertentu.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Messenger Akan Disatukan




Close Ads X