Tabel Excel Bakal Bisa Dibikin dari Foto

Kompas.com - 04/03/2019, 09:31 WIB
Ikon-ikon Microsoft Office yang baru Mobile SyrupIkon-ikon Microsoft Office yang baru

KOMPAS.com - Microsoft menambahkan fitur baru pada aplikasi Excel mobile untuk Android dan iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membuat tabel dengan jepretan kamera. Fitur ini bekerja menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi pengenalan gambar.

Mekanismenya sederhana, pengguna cukup memotret gambar tabel yang tercetak di sebuah media (buku misalnya) dengan ponsel Android atau iOS, dan foto tersebut akan dikonversi menjadi tabel utuh di aplikasi Excel secara otomatis.

Pengguna pun bisa mengedit tabel tersebut sesuai kebutuhan. Mereka bisa menambah rincian data, menghitung menggunakan rumus, atau membuat rincian lain seperti tabel pada umumnya.

Sehingga dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengetik dan membuat tabel secara manual. Pasalnya fitur ini bisa mengidentifikasi seluruh tulisan dan angka yang ada pada gambar secara otomatis.

Baca juga: Word, Excel, dan Powerpoint Sambangi Android

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (4/3/2019), fitur ini akan dirilis untuk pengguna Excel di perangkat Android serta iOS, dan akan tersedia untuk pelanggan Microsoft 365. Kendati demikian tidak dijelaskan kapan fitur ini akan mulai digelontorkan.

Microsoft sendiri akhir-akhir ini memang tengah gencar memperbarui aplikasi Micoroft Office miliknya. Beberapa fitur pun telah ditambahkan, salah satunya adalah fitur keamanan agar aplikasi tak mudah diserang virus atau diretas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan khusus untuk pengguna PC, Microsoft memperkenalkan aplikasi online Office ke Windows 10. Aplikasi memungkinkan pengguna mengakses dokumen dalam format Word, Excel, PPt melalui satu aplikasi yang terintegrasi.

Aplikasi ini juga hadir secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun, kecuali kuota internet untuk mengaksesnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.