Pembuat PUBG Mobile Siapkan Fitur Pencegah Kecanduan Game

Kompas.com - 04/03/2019, 10:57 WIB
Peta baru Vikendi sudah bisa diunduh di PUBG Mobile versi Android dan iOS. PC GamesNPeta baru Vikendi sudah bisa diunduh di PUBG Mobile versi Android dan iOS.
|

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat game asal China, Tencent, kini mengembangkan sebuah fitur yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mencegah anak dari kecanduan bermain game.

Fitur bernama "kunci digital" ini nantinya akan dapat mengunci video game agar tidak bisa dimainkan dengan sembarangan oleh pemain di bawah usia 13 tahun.

Menurut pihak Tencent, pengembangan fitur ini merupakan bagian dari tindakan keras pemerintah guna mencegah anak muda di China agar tidak kecanduan main game.

Tahun lalu, pemerintah China telah memberikan batasan kepada beberapa judul game dan memberlakukan aturan pada pemain di bawah umur untuk mengurangi waktu bermain mereka.

Nantinya, fitur "kunci digital" ini hanya akan bisa dibuka oleh orang tua pemain. Kabarnya pembatasan ini akan diujicoba pada game PUBG Mobile versi China dan Honor of Kings.

Dikutip KompasTekno dari Digit.in, Senin (4/3/2019), pembatasan bagi game PUBG Mobile ini bukan hanya diterapkan di negara China saja. Di beberapa negara lain, PUBG Mobile pun dianggap memberi efek negatif dan sehingga penggunaannya mendapat pengawasan pemerintah setempat.

Di India, pemerintah juga melarang permainan ini karena dianggap bisa membuat kecanduan. Bahkan di India, permainan ini dianggap menyebabkan masalah besar bagi anak-anak dan mempengaruhi proses belajar mereka.

Baca juga: Gara-gara Ponsel PUBG, Bocah Asal India Gantung Diri

Kemudian dalam insiden lain, seorang bocah laki-laki berusia 19 tahun sampai gantung diri karena keluarganya menolak membelikan sebuah ponsel untuk bermain PUBG Mobile. Sehingga permainan ini dianggap memiliki dampak negatif pada para penggunanya. 

PUBG Mobile sendiri saat ini menjadi salah satu game yang tengah naik daun. Game bergenre battle-royale ini dimainkan oleh 30 juta pemain aktif setiap hari.

Baca juga: Studi: Bermain PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber digit.in
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X