Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layarnya Bisa Dilipat, Seperti Apa "Casing" Pelindung Galaxy Fold?

Kompas.com - 05/03/2019, 06:56 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa pekan lalu, Samsung resmi meluncurkan Galaxy Fold, ponsel layar lipat pertamanya. Ponsel ini terdiri dari dua layar berukuran berbeda yang dilipat ke dalam menyerupai buku.

Karena tren layar lipat baru saja dimulai, belum banyak produsen casing yang membuat pelindung khusus untuk ponsel layar lipat. Salah satu pabrikan aksesoris ponsel asal Amerika Serikat, Spigen, mencoba membuat casing pelindung untuk Galaxy Fold.

Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Berkat bantuan rumor yang beredar sebelum waktu perilisan, Spigen mencoba menerka-nerka dimensi ponsel lipat ini sebelum peluncuran. Mereka membuat 20 macam purwarupa casing Galaxy Fold dari rumor yang bertebaran di internet.

Dari dummy yang dibuat, casing Gaalxy Fold akan memiliki potongan di layar kecil 4,6 inci di bagian depan. Potongan itu terdapat pada bagian layar, kamera tunggal depan, dan speaker.
Sementara bagian belakang terdapat potongan di bagian tiga kamera vertikal.

Casing Galaxy Fold Phone Arena Casing Galaxy Fold

Tak hanya soal ukuran, Spigen juga mencari bahan khusus yang tak akan menghambat proses pelipatan atau membuka ponsel. Misalnya saja bahan Tough Armour yang dibuat dengan konstruksi dan struktur khusus untuk memudahkan lipatan.

Setelah Galaxy Fold resmi dirlis, Spigen pun melanjutkan pembuatan casing besutannya. Diprediksi, casing tersebut akan siap dipasarkan pada pertengahan bulan depan. Perkiraan itu sesuai dengan jadwal pemasaran Galaxy Fold yang jatuh pada tanggal 26 April 2019.

Casing Galaxy Fold saat dilipatPhone Arena Casing Galaxy Fold saat dilipat

Untuk banderol, Spigen kabrnya akan memberikan harga berbeda untuk beberapa model casing. Casing berbahan silikon atau plastik diperkirakan akan dijual seharga 20 dollar AS (Rp 282.800), sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Harga Galaxy Fold ddipatok mulai 1.980 dollar AS atau sekitar Rp 28 juta, tergantung wilayah pemasaran. Ponsel layar lipat pertama Samsung ini akan hadir dalam varian 5G serta 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com