Microsoft Siapkan Windows Lite untuk Perangkat Layar Ganda?

Kompas.com - 05/03/2019, 15:04 WIB
Windows Lite The VergeWindows Lite

KOMPAS.com - Bulan lalu tersiar kabar bahwa Microsoft sedang menyiapkan perangkat dual-screen atau layar ganda yang kabarnya akan dirilis tahun ini.

Tak hanya itu, perusahaan software tersebut juga dikabarkan akan membuat pesaing Chromebook yang belum diketahui namanya hingga saat ini.

Rumor mengatakan kedua perangkat tersebut akan dijalankan dengan software Windows Lite yang kabarnya sedang digarap Microsoft.

"Windows Lite" bukanlah nama resminya. Istilah tersebut hanya digunakan secara internal. Sesuai namanya dengan embel-embel "Lite", sistem operasi ini adalah versi ringan Windows.

Sebagai gambaran, perangkat layar ganda sebelumnya telah dibuat oleh Intel. Dari purwarupanya, bentuk perangkat tersebut seperti tablet dengan dua buah layar. Akan tetapi, perangkat Intel tersebut dijalankan dengan Windows 10 reguler bukan versi ringan.

Baca juga: Microsoft Ajak Berhenti Pakai Internet Explorer

Sebelumya, Microsoft secara bertahap juga telah membuat Composable Shell (C-Shell) dan Windows Core OS, versi Windows Shell modular yang mendukung banyak perangkat Windows 10 saat ini. Perangkat-perangat itu misalnya HoloLens 2 atau Surface Hub 2X yang baru akan meluncur.

Kembali ke Windows Lite, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/3/2019), akan memiliki antarmuka yang sama dengan versi Windows yang ada saat ini. Akan tetapi akan ada beberap fitur yang dibatasi, mirip dengan yang ada di Surface Hub atau Windows Phone.

Belum diketahui kapan Microsoft akan meluncurkan perangkat dengan sistem operasi Windows Lite - atau entah apa nama resminya kelak- sehingga masih ada kemungkinan untuk perombakan tampilan. Microsoft diketahui telah menguji coba software ini bertahun-tahun.

Microsoft sebelumnya membatasi fitur di Windows 10 dengan S Mode untuk menjalankan aplikasi dari Microsoft Store saja.

Namun masih banyak fitur di antarmuka Windows yang masih berjalan meski S Mode diaktifkan. Dengan Windows Lite, maka Microsoft bisa menghasilkan Windows versi ringan lebih maksimal.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X