Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Operator Seluler Akan Matikan Internet di Bali saat Nyepi 2019

Kompas.com - 06/03/2019, 09:10 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau operator seluler yang menyediakan jasa internet di Bali untuk mematikan jaringannya saat Hari Raya Nyepi berlangsung.

Menanggapi hal tersebut, empat operator seluler yakni Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren menyatakan akan mengikuti anjuran Kominfo dan akan mematikan jaringan internet pada Kamis, (7/3/2019) mendatang.

Melalui pernyataan resminya, keempat operator tersebut menyatakan hal senada. Layanan internet di Provinsi Bali akan dimatikan sementara mulai dari hari Kamis pukul 06.00 WITA sampai Jumat, 8 Maret pukul 06.00 WITA.

Baca juga: Kominfo Imbau Operator Matikan Internet di Bali Saat Nyepi

"Telkomsel selaku salah satu penyelenggara telekomunikasi akan mematuhi imbauan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut," ungkap Denny Abidin, General Manager External Corporate Communications Telkomsel.

PT XL Axiata pun menyatakan hal serupa. Operator seluler ini menyatakan akan mendukung kebijakan pemerintah sesuai dengan surat edaran yang dirilis oleh Kementerian Kominfo.

"XL Axiata akan mengikuti arahan pemerintah untuk menonaktifkan layanan internet di Bali selama Nyepi," ungkap Henry Wijayanto, Head of External Communications XL Axiata melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Selasa (5/3/2019).

Indosat dan Smartfren juga menyatakan sikap yang sama. Dalam pernyataan resminya mereka menyatakan akan mematikan jaringan internet selama Nyepi di Bali namun tetap menjaga layanan di beberapa titik vital.

Baca juga: Bagaimana Facebook Menyelamatkan Dua Turis Asing di Bali

Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat, mengatakan bahwa perusahaan akan tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya.

Sementara Presiden Direktur PT Smartfren Telecom Tbk, Merza Fachys mengatakan lokasi-lokasi seperti rumah sakit, kantor kepolisian, instalasi militer, BPBD, BMKG, BASARNAS hingga pemadam kebakaran akan tetap dapat menggunakan layanan internet Smartfren.

"Layanan akan kembali normal sebagaimana mestinya pada Jumat 8 Maret 2019 pukul 06.00 WITA," ungkap Merza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com