Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei P30 Dipastikan Pakai "Kamera Periskop" 10X Zoom

Kompas.com - 07/03/2019, 13:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei telah mengumumkan akan meluncurkan flagship P30 dan P30 Pro di Paris, Perancis, pada 26 maret 2019 mendatang.

Dalam cuplikan promosinya berjudul #Rewritetherules, Huawei mengilustrasikan kemampuan zooming dari calon ponsel anyarnya itu.

Hal tersebut menguatkan rumor yang beredar bahwa lini P30 series akan dibekali kamera periskop dengan pembesaran (zoom) 10 kali. Akhirnya, rumor ini dikonfirmasi oleh Clement Wong, Vice President Global Product Huawei.

Baca juga: Bos Huawei Kepergok Menggenggam Ponsel "Flagship" P30 Pro

"Alih-alih menyematkan cara yang sama seperti sebelumnya - mulai dari Huawei P9 ke P10 dan P20 dengan menambah jumlah kamera atau menggunakan modul monokrom - kami akan memperkenalkan revolusi teknologi," ungkap Wong.

Ia mengatakan, revolusi itu tak akan terlihat secara kasat mata kecuali menggunakan kamera ponsel secara langsung.

"Salah satu hal yang akan Anda lihat adalah kemampuan zoom yang luar biasa," imbuhnya.

Pernyataan Wong seakan menampik beberapa rumor terdahulu yang menyebut bahwa versi Pro akan terpasang modul quad-camera atau empat kamera yang berjajar di punggung.

Unggahan CEO Huawei yang diduga berasal dari ponsel Huawei P30 Pro dengan fitur kamera periskopCnet Unggahan CEO Huawei yang diduga berasal dari ponsel Huawei P30 Pro dengan fitur kamera periskop

 Sebelummya, CEO Huawei, Richard Yu, mengunggah sebuah foto bulan dengan keterangan bahwa gambar itu diambil dengan Huawei "..." Pro, dengan menyensor bagian nomor modelnya.

Di bawahnya, terdapat keterangan "Leica Quad Camera". Istilah "quad" alias "empat" kemungkinan ditujukan untuk periskop sebagai kamera multifungsi, bukan jumlah kamera sebanyak empat buah.

Jika benar demikian, maka bocoran itu menguatkan gambar rekaan yang sebelumnya beredar, di mana punggung Huawei P30 Pro hanya berbekal tiga kamera saja, alih-alih empat.

Baca juga: Inikah Wujud Asli Huawei P30 dan P30 Pro?

Wong sesumbar bahwa foto bulan yang diunggah Yu tidak dibantu oleh aksesori lain seperti lensa telephoto clip-on, melainkan murni hanya diambil dengan kamera ponsel.

"Itu adalah teknologi zoom revolusioner untuk mengambil gambar," klaimnya.

Wong sadar bahwa Huawei bukanlah pioner teknologi periskop. Sebelumnya, Oppo juga telah memperkenalkan ponsel dengan zoom optik lossless (tanpa pengurangan kualitas gambar) 10 kali.

Teknologi itu diperkenalkan di acara Oppo Inovation Event yang berlangsung di Barcelona akhir Februari lalu. Namun, kamera zoom besutan Oppo baru terpasang di purwarupa ponsel yang turut dipamerkan di acara yang sama, bukan produk jadi.

Baca juga: Oppo Luncurkan Teknologi Kamera Zoom 10X dan Ponsel 5G

"Kami akan memberitahukan strukturnya, Anda bisa menyebutnya perskop. Itu bukan teknologi baru, sudah ada sejak lama. Tapi kuncinya adalah, siapa yang bisa membuatnya lebih komersil dan berkualitas tinggi?," umbar Wong seakan menyindir Oppo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com