Menggenggam Ponsel “48 Megapiksel” Oppo F11 Pro

Kompas.com - 11/03/2019, 11:43 WIB
Model memperlihatkan kamera pop-up Oppo F11 Pro dalam acara media preview di Jakarta, Jumat (8/3/2019).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Model memperlihatkan kamera pop-up Oppo F11 Pro dalam acara media preview di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

KOMPAS.com - Pertama kali meluncur di India pada pekan lalu, duo ponsel kelas menengah terbaru Oppo, F11 dan F11 Pro akan segera dirilis di pasaran Indonesia.

Kedua ponsel memiliki jeroan yang mirip, sama-sama mengandalkan dapur pacu MediaTek Helio P70. Salah satu perbedaan utama antar keduanya terletak pada segi desain fisik.

Berbeda dari F11 yang masih berponi, layar IPS LCD (2.340 x 1.080 piksel) 6,53 inci di Oppo F11 Pro tampil memenuhi bagian depannya, dengan hanya meninggalkan bingkai tipis di sekeliling.

Baca juga: Oppo F11 dan F11 Pro Resmi Dirilis

Kamera depan Oppo F11 Pro akan menyembul secara otomatis ketika pengguna hendak menjepret selfie lewat aplikasi kamera bawaan.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera depan Oppo F11 Pro akan menyembul secara otomatis ketika pengguna hendak menjepret selfie lewat aplikasi kamera bawaan.

Alih-alih termuat di notch, kamera depan Oppo F11 Pro dengan resolusi 16 megapiksel (f/2.0) termuat di modul pop-up berukuran kecil. Modul ini akan menyembul ke luar dari sisi atas ponsel secara otomatis, ketika pengguna membuka kamera depan. 

Oppo sendiri kini telah mengganti slogannya dari “Selfie Expert” menjadi “Portrait Master”. Kemampuan mengambil foto dari F11 Pro pun lebih dititikberatkan di unit kamera belakangnya yang memiliki resolusi 48 megapiksel.

Ke-48 juta piksel itu secara default dipadatkan menjadi 12 megapiksel dengan teknik pixel binning, yakni menggabungkan 4 piksel untuk meningkatkan kualitas hasil akhir, terutama dalam kondisi low-light atau kurang cahaya.

Oppo F11 Pro kini dibekali fitur Nightscape, khusus untuk mengambil gambar di malam hari. Namun, perbedaan ketika fitur ini diaktifkan (foto kanan) baru akan terlihat ketika kondisi benar-benar gelap.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Oppo F11 Pro kini dibekali fitur Nightscape, khusus untuk mengambil gambar di malam hari. Namun, perbedaan ketika fitur ini diaktifkan (foto kanan) baru akan terlihat ketika kondisi benar-benar gelap.

Oppo F11 Pro pun menyediakan mode khusus untuk menangkap foto dalam kondisi gelap atau minim cahaya, yakni Nightscape, berikut AI scene recognition yang mengatur parameter foto secara otomatis, berdasarkan jenis subyek, dan mode portrait yang menerapkan efek bokeh.

Selain kamera pop-up dan layar penuh tadi, tampilan Oppo F11 Pro dibuat menarik mata dengan laburan warna gradasi Thunder Black dan Aurora Green.

Simak sosok lengkap dari Oppo F11 Pro, beserta hasil jepretannya lewat rangkaian foto di galeri KompasTekno di tautan berikut ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X