Qualcomm Diam-diam Ubah Spesifikasi Chip Redmi Note 7

Kompas.com - 11/03/2019, 18:17 WIB
Ponsel Redmi Note 7 dengan kamera 48 megapikselRedmi Ponsel Redmi Note 7 dengan kamera 48 megapiksel

KOMPAS.com -System-on-chip ( SoC) yang tertanam di jantung tiap smartphone memiliki dukungan komponen yang berbeda-beda.

Misalnya saja kamera, vendor ponsel tak bisa seenaknya memasang kamera manapun atau sebanyak apapun, tapi harus sesuai dengan spesifikasi yang didukung SoC.

Di sinilah letak "keanehan" Redmi Note 7. Ponsel besutan Xiaomi tersebut masih menggunakan SoC Snapdragon 660 yang mendukung resolusi kamera tunggal hingga maksimal 25 megapiksel. Meski begitu, di punggung Redmi Note 7 tersemat kamera 48 megapiksel.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 700, Prosesor Kelas Menengah Bertenaga "Flagship"

Kenapa bisa begitu? Informasi yang tersiar belakangan ini menyebutkan bahwa Qualcomm diam-diam telah memperbarui keterangan spesifikasi dukungan kamera untuk beberapa SoC, salah satunya Snapdragon 660.

Keberadaan lembar spesifikasi versi "revisi" tersebut dikuak oleh XDA Developer, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Senin (11/3/2019).

Perbandingan spesifikasi SoC Snapdragon 660 lama dan setelah dikoreksiXDA Developer Perbandingan spesifikasi SoC Snapdragon 660 lama dan setelah dikoreksi

Qualcomm ternyata telah melakukan pembaruan spesifikasi untuk Snapdragon 845, 710, 675, dan 660 pada bulan Februari lalu. Untuk Snapdragon 660, perbedaan keterangan spesifikasinya cukup kentara.

Baca juga: Snapdragon 855 dengan Teknologi 5G, Bisa Apa Saja?

Selain mendukung kamera tunggal engan resolusi 48 megapiksel, lembar spesifikasi baru kini menyebutkan bahwa Snapdragon 660 mendukung Multi-Frame Noise Reduction (MNFR) dan Zero Shutter Lag (ZSL) untuk kamera ganda hingga resolusi 16 megapiksel.

MNFR merupakan teknik pemotretan beberapa gambar yang kemudian ditumpuk bersama untuk mengurangi noise sebanyak mungkin. Sementara ZSL merupakan fitur yang mengurangi lag saat menekan tombol shutter dan pengambilan gambar.



Close Ads X