Samsung Rilis Aplikasi Navigasi Satu Tangan untuk Ponsel

Kompas.com - 11/03/2019, 19:06 WIB
Aplikasi navigasi berbasis gesture untuk ponsel Samsung. Yudha Pratomo/KompasTeknoAplikasi navigasi berbasis gesture untuk ponsel Samsung.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Ukuran layar smartphone yang semakin meluas membuat pengoperasiannya tak lagi dapat dilakukan hanya dengan satu tangan. Diperlukan dua tangan untuk menggenggam dan menggunakan smartphone secara optimal.

Di satu sisi, ukuran yang semakin luas ini membuat tampilannya lebih enak dipandang mata. Namun, dengan meningkatnya ukuran layar, tentu saja mengendalikan ponsel dengan satu tangan akan menyulitkan bagi banyak orang.

Nah, untuk mempermudah pengoperasian satu tangan, Samsung kini telah merilis aplikasi One Hand Operation + di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi hanya dengan mengusap layar ke arah tertentu.

Baca juga: Toko Online Samsung.com Resmi Dibuka di Indonesia

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengatur gerakan "swipe" ke beberapa arah untuk fungsi yang berbeda. Misalnya, sapuan jari dari tepi kanan ke kiri sebagai perintah "kembali", atau swipe diagonal dari kanan ke kiri atas untuk membuka "recent apps".

Tampilan aplikasi One Hand Operation Plus, berikut opsi untuk aksi yang akan dilakukan ketika melakukan gestur swipe. KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMO Tampilan aplikasi One Hand Operation Plus, berikut opsi untuk aksi yang akan dilakukan ketika melakukan gestur swipe.
Dengan demikian, pengguna dapat melakukan navigasi hanya dengan satu tangan tanpa harus menyentuh tombol pada bilah navigasi. Semua perintah dapat dilakukan hanya dengan mengusap layar ke arah tertentu yang telah diatur.

Ada beberapa pilihan navigasi yang bisa Anda sesuaikan seperti misalnya mengambil screenshot, kembali ke homescreen, hingga mematikan layar. Ukuran aplikasi ini juga terbilang cukup kecil yakni hanya sekitar 1,3 MB saja.

Baca juga: Samsung Bikin Aplikasi Chatting Khusus Pemilik Ponsel Galaxy

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (11/3/2019), aplikasi One Hand Operation +  ini hanya dapat diunduh oleh pengguna ponsel Samsung. Pengguna ponsel merek lain tidak akan dapat menemukan aplikasi ini di Google Play Store.

Namun tidak menutup kemungkinan jika Samsung kemudian akan membuat aplikasi serupa untuk merek lain.

Pada perangkat Android, navigasi berbasis gesture ini sendiri pertama kali muncul pada sistem operasi Android 9 Pie. Ponsel dengan Android Pie hanya akan menemukan dua tombol pada bilah navigasi, yakni tombol "kembali" dan satu tombol strip ( - ).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X