Realme 3 yang Dijual di Indonesia Pakai Chip Lama, Alasannya?

Kompas.com - 12/03/2019, 20:01 WIB
Realme 3 resmi meluncur di Indonesia, Selasa (12/3/2019). KOMPAS.com/Bill ClintenRealme 3 resmi meluncur di Indonesia, Selasa (12/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme 3 yang dijual di Indonesia menggunakan chipset lama, Mediatek Helio P60. Berbeda dengan Realme 3 yang dirilis di India, yang ditenagai chipset baru Mediatek, Helio P70.

Menurut Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, Realme sebenarnya ingin membawa kedua chipset tersebut ke Indonesia di dalam Realme 3. Namun, ada beberapa pertimbangan yang ada di benak Realme terkait Realme 3 versi Indonesia, seperti dari segi performa dan harga.

Menurut Felix, dari segi performa, Mediatek P60 tak berbeda jauh berbeda dari "kakaknya" Mediatek P70.

"Dari segi performa dan hal lainnya, P60 tidak kalah dengan P70," ujar Felix saat ditemui KompasTekno di acara peluncuran Realme 3 di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Realme 3 di Indonesia

Mediatek P60 sendiri memiliki kecepatan clock maksimal 2.0 GHz, lebih rendah 100 MHz dibandingkan Mediatek P70 (2,1 GHz).

Kedua chipset tersebut juga sama-sama difabrikasi dengan teknologi 12nm, menggunakan teknologi UFS 2.1, dan memiliki GPU yang sama, yakni Mali-G72 MP3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya, Helio P70 memiliki kecepatan clock GPU yang lebih besar 100 MHz (900 MHz) dibandingkan Helio P60 yang kecepatan GPU maksimalnya mencapai 800 MHz.

Perbandingan yang menurutnya tak terpaut jauh tersebut menjadi pertimbangan bagi Realme untuk merilis Realme 3 dengan chipset Mediatek P60 di Indonesia, demi mematok banderol harga yang kompetitif dan bisa bersaing dengan para kompetitor lain.

"Kami telah pertimbangkan kemampuan prosesor dengan harga," ujar Felix.

"Kami juga ingin mengeluarkan sebuah produk dengan performance yang baik, tetapi dengan harga kompetitif, itu yang paling menjadi pertimbangan kami," kata Felix.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.