Tiga Varian Huawei P30 Siap Melenggang ke Indonesia

Kompas.com - 13/03/2019, 09:38 WIB
Rumor Huawei P30Gizmo China Rumor Huawei P30

KOMPAS.com - Ponsel anyar Huawei yang akan diperkenalkan di Paris akhir bulan ini, yakni Huawei P30 series, dapat dipastikan bakal hadir ke pasar Indonesia. Pasalnya, seri Huawei P30 tercatat telah lolos uji sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri ( TKDN) dari pemerintah Indonesia.

Dari pantauan KompasTekno, Rabu (13/3/2019) di situs Kementerian Perindustrian, setidaknya ada tiga perangkat Huawei P30 yang telah mendapatkan nilai TKDN melebihi 30 persen. Ketiganya mendapat sertifikat TKDN sejak 5 Maret lalu.

Tanpa menyebutkan nama seri dagangnya, ketiganya mengusung nomor kode ELE-L29, VOG-L29, dan MAR-LX2.

Perangkat dengan kode ELE-L29 dikutip KompasTekno dari Gizmochina, merupakan kode dari Huawei P30 versi reguler. Sementara VOG-L29 adalah kode untuk Huawei P30 Pro dan MAR-LX2 adalah Huawei P30 Lite.

Ketiganya tercatat memiliki persentase TKDN yang berbeda. Huawei P30 versi reguler mendapat nilai TKDN 30,71 persen, Huawei P30 Pro juga mendapat TKDN 30,71 persen sementara Huawei P30 Lite mendapat nilai 31,15 persen. Kendati demikian tidak disebutkan dengan rinci spesifikasi dari ketiga ponsel yang diusung.

Baca juga: Inikah Wujud Asli Huawei P30 dan P30 Pro?

Beberapa bocoran menyebutkan bahwa keluarga P30 ini akan ditenagai oleh chipset Kirin 980. Selain itu khusus untuk seri P30 Pro, ditengarai akan memiliki kamera dengan mekanisme periskop pada bagian belakang.

Beberapa bocoran lain menyebutkan bahwa dua varian P30 akan mengusung layar OLED, dan memiliki sensor sidik jari di dalam layar.

Versi reguler dari Huawei P30 nantinya akan memiliki tiga kamera belakang, seperti P20 Pro dan Mate 20 Pro. Sebelumnya, versi regulasi P20 hanya memiliki dua kamera belakang.

Selain itu kabarnya kamera utama Huawei P30 akan memiliki sensor sebesar 40 megapiksel yang membuat kualitas pengambilan gambar jadi jauh lebih baik. Namun beberapa spesifikasi yang disebutkan di atas baru sebatas rumor dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Selain itu, kepastian tanggal peluncuran trio ponsel anyar ini di Indonesia pun masih abu-abu. Jika berkaca dari peluncuran beberapa perangkat Huawei lain, butuh waktu cukup lama bagi Huawei untuk memboyong perangkat barunya ke Indonesia.

Jadi, kita tunggu saja sampai tanggal peluncurannya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X