Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mode Gelap Chrome Sudah Hadir di MacOS

Kompas.com - 13/03/2019, 11:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Google baru saja merilis versi terbaru perambannya yakni Chrome 73 yang bisa dipasang di perangkat Windows maupun Mac. Chrome 73 sudah mulai diuji beta sejak Februari lalu dengan beberapa fitur baru di dalamnya.

Salah satunya adalah fitur dark mode atau mode gelap yang mendukung platform macOS Mojave. Seperti mode gelap kebanyakan, fitur ini akan menampilkan nuansa gelap pada jendela browser secara otomatis apabila fitur tersebut telah diaktifkan.

Tampilan mode gelap ini hampir mirip dengan tampilan incognito di Chrome. Kecuali logo Google warna-warni dan kolom pencarian yang menggantikan logo incognito.

Selain dark mode, Chrome 73 juga menyediakan fitur tab grouping, di mana pengguna bisa mengorganisir tab-tab favoritnya.

Baca juga: Cara Unik Mengaktifkan Mode Gelap di Facebook Messenger

Tak hanya itu, ada pula kunci multimedia keyboard yang memudahkan aktivitas multimedia, seperti menyetop, memainkan, dan memutar lagu atau video berikutnya dengan mudah.

Fitur lain adalah opsi picture-in-picture yang aktif otomatis ketika pengguna mengusap video yang sedang terputar. Chrome 73 juga menyediakan fitur Sync baru dan Google Service di dalam menu Setting untuk mempermudah pengontrolan koleksi data dan opsi lainnya.

Google juga meningkatkan pemeriksaan ejaan dan lencana API baru yang memungkinkan ikon-ikon aplikasi web menyertakan indikator visual untuk beberapa hal, seperti menampilkan jumlah item yang belum dibaca. Bagi para pengembang, Google juga telah melakukan beberapa perubahan.

Di antaranya adalah Signed HTTP Exchange (SGX), yang memungnkinakan developer membuat konten portabel lebih mudah. Ada juga Constructable Stylesheets dan dukungan untuk Progressive Web Apps untuk Mac.

Dialnsir KompasTekno dari MacRumors, Rabu (13/3/2019), sebanyak 60 perbaikan keamanan turut didatangkan di Chrome 73. Chrome 73 bisa diunduh melalui tombol update di Chrome yang bisa ditemukan dengan mengkklik ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Jika belum tersedia, kemungkinan pengguna belum mendapat pembaruan atau sudah ter-update secara otomatis. Apabila belum memiliki Chrome dan berniat menginstalnya, bisa mengunjungi tautan berikut.

Google juga dikabarkan tengan menguji coba mode gelap di ponsel Android. Namun belum diketahui kapan Google akan siap merilisnya untuk publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com