INFOGRAFIK: 30 Tahun "World Wide Web", Pesatnya Internet dalam Angka

Kompas.com - 13/03/2019, 15:34 WIB
30 Tahun World Wide Web dalam AngkaKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 30 Tahun World Wide Web dalam Angka

KOMPAS.com - Saat ini internet begitu mendominasi kehidupan manusia. Tidak hanya mengubah cara manusia dalam berkomunikasi, yaitu menjadi lebih cepat dan mudah, internet juga mengubah gaya hidup manusia dalam aktivitasnya sehari-hari.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa pengembangan internet bermula pada 30 tahun lalu.

Pada 11 Maret 1989, seorang programer komputer yang bekerja di Laboratorium CERN, Tim Berners-Lee, membuat sebuah proposal terkait sistem manajemen informasi. Penemuan Tim Berners-Lee itu, world wide web, merupakan cikal bakal internet masa kini.

Setelah 30 tahun, pesatnya perkembangan internet dapat terlihat dalam data berupa angka. Misalnya, pada Desember 2018 terdapat 41 miliar jumlah pengguna internet di dunia.

Selain itu, telah tercatat ada 342 juta nama doman terdaftar pada kuartal ketiga 2018 dan 1,94 miliar jumlah situs di seluruh dunia.

Fakta unik juga terlihat. Salah satunya adalah, Islandia tercatat sebagai negara dengan penetrasi internet tertinggi, yaitu 100 persen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa seluruh wilayah di Islandia sudah terhubung internet.

Seperti apa fakta menarik lain? Berikut infografik internet dalam angka:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 30 Tahun World Wide Web Dalam Angka


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X