Rumah Pintar LG di Sydney, Serba AI dari Kulkas Hingga Mesin Cuci

Kompas.com - 13/03/2019, 20:58 WIB
Rumah pintar LG Home di Sydney, Australia.KOMPAS.com/ FATIMAH KARTINI BOHANG Rumah pintar LG Home di Sydney, Australia.

SYDNEY, KOMPAS.com - Dengan dalih mempermudah kehidupan masyarakat modern, perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan ekosistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Salah satu yang paling agresif adalah LG Electronics melalui sistem AI terbuka bertajuk “ThinQ” yang disematkan di berbagai produk, mulai dari televisi, mesin cuci, kulkas, penyedot debu, dst.

KompasTekno berkesempatan melihat kecanggihan sistem ThinQ ketika berkunjung ke “LG Home”, Rabu (13/3/2019), di Sydney, Australia, dalam rangkaian acara “LG InnoFest 2019”.

LG Home merupakan rumah pintar, di mana barang-barang elektroniknya sudah terhubung satu sama lain. Ketika menginjakkan kaki pertama kali di dalam rumah, perwakilan LG mendemokan cara berkomunikasi dengan perangkat-perangkat ThinQ.

Baca juga: LG Pamer TV pertama yang Bisa Digulung, Mulai Dijual Tahun Ini

“Hey Google! Nyalakan mesin pembersih udara (Air Purifier)!” kata perwakilan LG ke smart speaker “XBoom AI ThinQ WK7”.

Perlu dicatat, semua produk LG yang tersemat ThinQ sudah dibenamkan pula dengan asisten pintar Google Assistant dan Amazon Alexa.

Setelah mendapat perintah, “PuriCare Water Purifier” milik LG pun otomatis menyala dan berfungsi sesuai kondisi udara saat itu.

Smart speaker LG XBoom AI ThinQ WK7 (foto kiri) dan pembersih udara pintar PuriCare Water Purifier.KOMPAS.com/ FATIMAH KARTINI BOHANG Smart speaker LG XBoom AI ThinQ WK7 (foto kiri) dan pembersih udara pintar PuriCare Water Purifier.

Tak hanya menjalankan perintah

Tidak berhenti sampai di situ, si speaker pintar XBoom pun lantas memberikan informasi bahwa udara sedang terik dan merekomendasikan untuk menyalakan pendingin ruangan (air conditioner/AC).

Rekomendasi itu disambut positif oleh sang perwakilan LG, lalu seketika AC “Artcool” yang terpasang di ruangan menyala dengan temperatur yang disesuaikan.

“ThinQ bekerja tak hanya untuk menjalankan perintah, tetapi juga memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna dan anjuran yang pas,” kata perwakilan LG.

Selanjutnya, perwakilan LG mengambil mesin penyedot debu (vacuum cleaner) “Cord Zero A9 ThinQ” dan mengoperasikannya ke karpet. Lantas, XBoom kembali bertanya “apakah perlu bantuan tambahan untuk membersihkan sudut ruangan lain?”

Ketika diiyakan, maka robot pembersih “Cord Zero R9 ThinQ” akan membantu menyedot debu di area yang belum dibersihkan. Robot pembersih ini dilengkapi kamera, sehingga bisa mendeteksi di mana sudut-sudut yang masih kotor.

Halaman:



Close Ads X