Facebook dan Instagram "Down", Pengguna Laporkan "Error"

Kompas.com - 14/03/2019, 07:29 WIB
Ilustrasi FacebookJOSH EDELSON / AFP Ilustrasi Facebook

KOMPAS.com — Jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami gangguan secara global. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform ini untuk berkomunikasi.

Para pengguna mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, mem-posting konten di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Bahkan, menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama, seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk memublikasi konten baru, juga tidak bisa digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS.

Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah pengguna hingga berita diturunkan, Kamis pukul 07.00.

Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka.

Akun media sosial Instagram pun menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji mengatasinya secepat mungkin.


Pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna di beberapa negara melaporkan masih mengalami gangguan. Bahkan, masalah ini kemudian berdampak pada layanan lain yang terhubung dengan Facebook, seperti Oculus VR.

Menurut halaman DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Australia. DownDetector mencatat bahwa wilayah Brazil mengalami gangguan yang paling parah.

Baca juga: Internet Indonesia Terganggu pada Malam Jumat, Ini Penjelasannya

Indonesia terdampak

Halaman:



Close Ads X