WhatsApp Ikut "Error", Pengguna Tidak Bisa Kirim Gambar

Kompas.com - 14/03/2019, 09:25 WIB
WhatsApp.Shutterstock WhatsApp.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gangguan layanan perusahaan milik Mark Zuckerberg belum juga teratasi. Setelah Facebook dan Instagram yang down sejak Kamis (14/3/2019) dini hari tadi, WhatsApp turut mengalami nasib serupa.

Layanan chat terpopuler tersebut dikeluhkan penggunanya tidak dapat digunakan sebagaimana biasanya. Masalah yang banyak dilaporkan adalah pengguna tidak dapat mengirim foto/dokumen dan pesan suara.

KompasTekno mencoba menjajal semua fitur di WhatsApp, Kamis pukul 09.00, juga mendapati keluhan serupa. Meski demikian, fitur lain, seperti mengirim pesan teks, menelepon, dan video call, tetap normal.

Tidak semua pengguna mendapati gangguan tersebut. Sejumlah pengguna melaporkan bisa mengirim foto atau dokumen dengan lancar.

Menurut situs DownDetector, gangguan di WhatsApp dirasakan sejumlah negara, termasuk Indonesia. DownDetector mencatat bahwa Indonesia, Malaysia, Singapura, serta beberapa wilayah di Amerika Selatan mengalami gangguan yang paling parah.

Baca juga: Facebook dan Instagram Down, Pengguna Laporkan Error

Sebelumnya, Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami gangguan secara global. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform itu. 

Gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS. Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah pengguna hingga berita diturunkan.

Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasikan bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

Baca juga: Twitter Keluarkan 4 Kata Balasan Keluhan Facebook dkk Error

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka.

Akun media sosial Instagram pun menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji mengatasinya secepat mungkin.

Update, Kamis pukul 12.30 WIB: Facebook, Instagram, dan WhatsApp Mulai Pulih Setelah Error Hari Ini

Baca juga: Pengguna Android Keluhkan Instagram Error, Apa yang Harus Dilakukan




Close Ads X