Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disinggung Teroris Selandia Baru, Begini Reaksi YouTuber PewDiePie

Kompas.com - 16/03/2019, 14:25 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Ingat, para penonton, subscribe PewDiePie," seru seorang pria dalam video. Kalimat berisi ajakan sederhana itu menjadi masalah bagi sang YouTuber lantaran diucapkan oleh teroris pelaku penembakan masjid di Selandia Baru, Jumat (15/3/2018) kemarin.

Beberapa saat setelah berkata demikian, sang teroris yang mengaku warga Australia bernama Brenton Tarrant itu mulai menembaki masjid Al Noor di kota Chrischurch. Aksi kejinya terekam dalam video tadi, yang disiarkan secara langsung via Facebook sewaktu kejadian.

Baca juga: Facebook dan YouTube Hapus Video Penembakan di Selandia Baru

Entah ajakan si teroris itu memang serius atau tidak, tapi PewDiePie, YouTuber terpopuler dengan hampir 90 juta subscriber, merasa perlu angkat bicara.

"Baru mendengar berita buruk dari Christcurch New Zealand. Sungguh-sungguh muak namaku diucapkan oleh orang ini," tulis YouTuber bernama asli Felix Kjellberg tersebut dalam sebuah kicauan di akun Twitter miliknya.

Baca juga: Penembakan di Masjid Selandia Baru, Tragedi Pembunuhan Massal Terburuk Sejak 1943

"Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya terhadap para korban, keluarga, dan seluruh pihak yang terdampak tragedi ini," lanjutnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Daily Mail, Sabtu (16/3/2019).

https://twitter.com/pewdiepie/status/1106419935390171136?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1106419935390171136&ref_url=http%3A%2F%2Ffortune.com%2F2019%2F03%2F15%2Fpewdie-response-new-zealand-mosque-attack%2F


Gara-gara disinggung oleh teroris di Selandia Baru, nama "PewDiePie" pun sempat menjadi trending topic di Twitter pada hari Jum'at lalu.

Kalimat "subscribe to PewDiePie" sendiri sebelumnya menjadi semacam meme yang populer di jagat maya.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2018

Hal itu disebabkan oleh sebagian fans PewDiePie yang secara sukarela mempromosikan idolanya kala memperebutkan gelar kanal YouTuber terpopuler dengan T-Series, beberapa waktu lalu.

Namun, tentu saja penyebutannya oleh seorang pelaku kejahatan keji bakal mengundang kontroversi dan perhatian negatif.

Pelaku penembakan di Selandia Baru memberondong dua masjid dalam keadaan dipenuhi jamaah saat shalat Jumat

Akibatnya, 49 orang tewas dan puluhan lainnya terluka, termasuk dua orang warga Indonesia. Kecaman terhadap para pelaku yang berjumlah empat orang datang bertubi-tubi dari segala penjuru dunia.

Teroris-teroris ini memanfaatkan media sosial dan forum internet untuk menarik perhatian publik terhadap aksi kejamnya. Warganet diimbau tidak menyebarluaskan tayangan video dari kejadian tersebut.

Baca juga: Kepolisian Selandia Baru Peringatkan Masyarakat untuk Tidak Sebarkan Video Penembakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com