WhatsApp Uji Coba Fitur Pencari Gambar untuk Cegah Hoaks

Kompas.com - 18/03/2019, 10:53 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur baru yang bisa digunakan untuk memerangi kabar hoaks.

Fitur bernama "reverse image search" alias pencarian terbalik ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian gambar, untuk mendeteksi asli atau tidaknya gambar yang dikirimkan lewat obrolan.

Reverse image search sebenarnya mengunggah gambar ke layanan Google Search untuk ditelusuri asal-muasalnya.

Baca juga: Cara Balas Pesan Secara Rahasia di Grup WhatsApp iOS

memiliki mekanisme yang sederhana. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar yang dikirim lewat obrolan melalui layanan Google Search.

Nantinya Google akan menunjukkan hasil apakah gambar tersebut sebelumnya pernah diunggah atau tidak.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (18/3/2019), fitur reverse image search di WhatsApp ini bisa bermanfaat untuk negara-negara di mana platform ini banyak digunakan untuk menyebarkan informasi palsu.

Tangkapan layar dari fitur reverse image search di WhatsApp versi beta.@WABetaInfo Tangkapan layar dari fitur reverse image search di WhatsApp versi beta.

Cara menggunakannya cukup mudah, pengguna cukup menyentuh dan menahan gambar yang ada dalam obrolan, kemudian akan muncul beberapa menu pop-up pada gambar tersebut.

Dari menu yang muncul ini, pengguna cukup memilih opsi "search image" dan secara otomatis gambar tersebut akan dicari lewat halaman Google Search.

Reverse image search sedang diuji coba pada WhatApp Beta 2.19.73 untuk Android. Pengguna yang ingin mencobanya dapat mengunduh update terkait melalui Google Play Beta Program.

Ini bukan pertama kalinya WhatsApp merilis fitur yang dapat meminimalisasi penyebaran kabar hoaks. Sebelumnya, WhatsApp mulai membatasi peredaran pesan terusan (forward message) untuk para pengguna.

Baca juga: Resmi, Pesan WhatsApp di Indonesia Hanya Bisa Diteruskan 5 Kali

Setiap pesan, dibatasi hanya dapat di-forward sebanyak lima kontak saja dalam satu waktu. Jika pengguna memilih lebih dari lima kontak, maka akan muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa pengguna sudah mencapai batas maksimal.

WhatsApp sendiri kini menjadi platform pesan instan yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber GSM Arena
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X