Hacker Klaim Jual 26 Juta Akun Internet, 2 Situs Indonesia Masuk Daftar?

Kompas.com - 18/03/2019, 11:25 WIB
Seorang Hacker sedang membajak salah satu situs. (123RF/ Andriy Popov) Seorang Hacker sedang membajak salah satu situs. (123RF/ Andriy Popov)
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Seorang hacker (peretas) asal Pakistan yang mengklaim telah mencuri 890 juta akun dari puluhan situs populer di dunia, belakangan kembali muncul dan menjual database akun hasil curiannya.

Kali ini sebanyak 26 juta akun yang berasal dari enam situs populer di dunia kembali dijual di pasar gelap internet.

Dua dari enam situs populer tersebut berasal dari Indonesia, yakni situs e-commerce Bukalapak dan platform perkuliahan dan karir YouthManual.

Melalui e-mail yang dialamatkan pada The Hacker News, peretas dengan nama samaran Gnosticplayers ini mengklaim telah mencuri sebanyak 13 juta akun Bukalapak dan 1,12 juta akun YouthManual.

Baca juga: 773 Juta "E-mail" Dibobol, Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Terdampak

Namun, peretas tidak memberikan keterangan lebih lanjut informasi apa saja yang dicuri dari akun-akun yang bersangkutan, di luar menyebutkan jumlahnya

Selain dua situs tersebut, ada pula beberapa situs lain yang juga menjadi sasaran pencurian akun, yakni GameSalad (1,6 juta akun), Lifebear (3,86 juta akun), EstanteVirtual (5,45 juta akun) dan Coubic (1,5 juta akun).

Total ada sebanyak 26 juta akun yang dijual oleh sang peretas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Hacker News, Senin (18/3/2019)

Database dari jutaan akun online tersebut dijual di pasar gelap internet di dark web dengan harga 1,2431 Bitcoin atau sekitar 5.000 dollar AS (Rp 71 juta).

Baca juga: 50 Juta Akun Facebook Diretas, Cek Apakah Anda Termasuk atau Tidak

Ini adalah keempat kalinya si hacker bernama samaran Gnosticplayers menjual database akun hasil curiannya.

Gnosticplayers menjual akun-akun yang dicurinya dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama, ia menjual sebanyak 620 juta akun yang dicuri dari 16 situs populer di dunia.

Kemudian pada tahap kedua, Gnosticplayers menjual setidaknya 127 juta akun dari delapan situs populer. Pada tahap ketiga, ada sebanyak 92 juta akun dari delapan situs populer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X