Kamera Mirrorless Canon EOS RP Dijual Rp 20 Juta di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2019, 16:01 WIB
Kamera mirrorless full-frame Canon EOS RP CanonKamera mirrorless full-frame Canon EOS RP
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Canon memperkenalkan EOS RP pada Februari lalu. Produk ini merupakan kamera mirrorless dengan sensor full-frame kedua dari Canon setelah EOS R yang meluncur pada September 2018.

Kini, PT Datascrip selaku distributor tunggal produk-produk Canon di Indonesia telah merilis EOS RP.

Banderolnya Rp 19.998.000 untuk versi body-only, jauh lebih rendah dibanding EOS R yang dipatok sebesar Rp 40 juta.

EOS RP digadang-gadang sebagai kamera mirrorless full-frame yang nyaman digunakan karena memiliki desain ergonomis, di samping ringkas dan ringan dengan bobot 485 gram.

“Canon EOS RP menjadi kekuatan baru dalam sistem EOS R untuk memenuhi kebutuhan perangkat kamera mirrorless full-frame yang andal dengan harga terjangkau,” ujar Canon Division Director PT Datascrip, Merry Harun, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Mirrorless "Full-Frame" Canon EOS R Dijual Rp 60 Juta di Indonesia

Di jantung EOS RP tertanam sensor CMOS full-frame beresolusi 26,2 megapiksel dengan tingkat sensitivitas native ISO 100 hingga 40.000. Sensor itu dipasangkan dengan prosesor pengolah gambar Digic 8. 

Sistem autofokus EOS R mengandalkan 4.779 titik AF dengan teknologi Eye Detection AF dan Dual Pixel CMOS AF yang diklaim sanggup mengunci fokus dengan kecepatan hanya 0,05 detik. Tingkat sensitivitas sistem AF ini  mencapai -5EV. 

Bagian atas dan belakang Canon EOS RPCanon Bagian atas dan belakang Canon EOS RP

Continuous shooting speed (burst) dari EOS RP mencapai 5 FPS atau 4 FPS dengan servo (tracking) AF. Buffer EOS R mampu menampung file JPEG hingga kartu memori terisi penuh atau 50 frame RAW. 

Di punggung EOS RP tertanam layar LCD touchscreen berukuran 3 inci yang dpat diputar ke segala arah (articulated) dengan engsel di sisi samping. EVF yang digunakan berjenis OLED dengan resolusi 2,36 megapiksel.

Baca juga: Mirrorless “Full-Frame” Canon EOS R Dijual Rp 60 Juta di Indonesia

Untuk urusan video, EOS RP sanggup merekam hingga resolusi 4K dengan frame rate 25 FPS berikut data rate 120 Mb/s dan warna 8-bit, baik untuk perekaman secara internal maupun eksternal. 

Ada pula konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth Low Energy untuk menyambungkan kamera ke ponsel dengan aplikasi Canon Camera Connect. Foto dapat dikirim secara otomatis, bersamaan dengan saat pemotretan.

Selain versi body-only, menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno (17/3/2019), EOS RP juga tersedia dalam versi kit engan lensa RF 24-105mm f/4 L IS dnegan harga Rp 35.750.000.

PT Datascrip membuka pre-order Canon EOS RP di Indonesia mulai tanggal 11 Maret hingga 22 Maret 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X