Bukti Antivirus Tak Efektif Bersihkan Android

Kompas.com - 18/03/2019, 20:15 WIB
Ilustrasi virus komputer http://www.trueit.com/Ilustrasi virus komputer
|

KOMPAS.com - Sebuah laporan yang dipublikasi oleh perusahaan penguji antivirus asal Austria, AV-Comparatives, mengemukakan hasil yang mengejutkan.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa ternyata sebagian besar software antivirus di Android tidak efektif membersihkan virus dan malware.

Dalam penelitiannya, AV-Comparatives melakukan pengujian pada sebanyak 250 aplikasi antivirus di Android.

Dari penelitian tersebut, tercatat hanya ada 80 antivirus yang dapat mendeteksi lebih dari 30 persen dari 2.000 aplikasi jahat yang digunakan sebagai bahan uji.

Menurut laporan, para peneliti dari AV-Comparatives mengambil seluruh antivirus ini dari sebanyak 138 vendor. Sejumlah nama vendor besar pun masuk di dalamnya seperti Avast, AVG, BitDefender, McAfee, Symantec, dll.

Dikutip KompasTekno dari NDTV, Senin (18/3/2019), alih-alih menggunakan emulator, para peneliti menguji secara manual seluruh aplikasi antivirus yang telah mereka pilih untuk penelitian ini.

Baca juga: Ribuan Ponsel Android Murah Terjangkit Malware

Para peneliti ini menginstal aplikasi antivirus pada perangkat Android dan kemudian mengatur perangkat agar dapat membuka browser dan mengunduh aplikasi jahat secara otomatis.

Proses ini kemudian dilakukan sebanyak 2.000 kali, dan hasilnya, sebagian besar antivirus tidak dapat bekerja dengan efektif untuk mendeteksi virus ataupun malware.

Padahal menurut tim AV-Comparatives, seluruh aplikasi jahat yang digunakan sebagai bahan uji, adalah malware Android yang paling umum muncul selama 2018 lalu. Sehingga seharusnya, tingkat deteksi software antivirus bisa mencapai 90 bahkan 100 persen secara efektif.

Bahkan dalam beberapa kasus, sejumlah antivirus yang diteliti bahkan mendeteksi diri mereka sendiri sebagai aplikasi berbahaya. Hal ini terjadi karena si pembuat antivirus tidak memasukkan aplikasi mereka ke dalam "daftar putih" yang telah dibuat.

Baca juga: Awas, Ratusan Aplikasi Android Ini Terjangkit Virus Iklan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NDTV
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X