Melihat Rancangan Smartphone Tekuk Google

Kompas.com - 19/03/2019, 11:57 WIB
Celah antar-layar di Galaxy FoldBGR Celah antar-layar di Galaxy Fold

KOMPAS.com - Samsung dan Huawei resmi menjadi vendor pertama yang memperkenalkan ponsel lipatnya secara komersil.

Beberapa pabrikan ponsel lain juga disebut akan segera memperkenalkan ponsel lipatnya, seperti Motorola dan Xiaomi.

Meski kehadiran ponsel lipat masih menuai pro dan kontra, tapi Google agaknya tak mau ketinggalan kereta. Pasalnya, baru-baru ini beredar paten berisi rancangan ponsel lipat besutan Google.

Dari paten yang beredar, desain ponsel lipat Google sekilas mirip dengan yang diusung Motorola RAZR, yakni desain "clamshells" atau mirip kerang, di mana layar dilipat ke bawah. 

Namun ada bagian kecil yang mirip dengan Samsung Galaxy Fold, yakni celah lipatan antar-layar. (Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung)

Desain ponsel lipat GoogleGizmo China Desain ponsel lipat Google

Tak hanya satu desain. Desain lain yang beredar menggambarkan tiga layar yang saling menimpa saat dilipat. Lipatan ini menyebabkan ada dua celah  antar-layar di sisi kanan dan kiri.

Sayangnya, dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (19/3/2019), belum ada konfirmasi dari Google perihal paten ponsel tekuk ini. Belum diketahui apakah Google benar-benar akan mewujudkannya atau tidak.

Bocroan desain ponsel lipat Google dengan lipatan tiga layarGizmo China Bocroan desain ponsel lipat Google dengan lipatan tiga layar

Namun, melihat banyaknya vendor yang muali sesumbar dengan ponsel lipatnya, bukan tidak mungkin Google akan mempertimbangkan desain ini untuk diwujudkan.

Apalagi, melihat penampilan awal Android Q versi beta yang menghadirkan pengalaman ponsel lipat, bukan tidak mungkin suatu saat Google akan menelurkan Pixel Foldable.

Meski beberapa vendor sesumbar akan memperkenalkan ponsel lipatnya, namun ada pula yang meragukan kebutuhan pasar akan ponsel lipat. Ditambah, harga ponsel lipat saat ini dibanderol pada kisaran harga 2.000 dollar AS atau sekitar 30-40 jutaan.

Baca juga: Menjajal Ponsel Layar Tekuk Huawei Mate X

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X