Kompas.com - 19/03/2019, 19:26 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Masih ingat dengan MySpace? Media sosial berbasis music-sharing yang memungkinkan penggunanya mengunggah file musik -di samping foto dan video- ini belakangan mencuat kembali dalam pemberitaan, lantaran sebuah kabar buruk.

“Karena proyek migrasi server, file foto, video, dan audio yang diunggah lebih dari tiga tahun lalu tidak lagi tersedia di MySpace,” sebut jejaring sosial itu dalam sebuah banner pengumuman yang sempat ditampilkan di situsnya sebelum menghilang.

Sudah sejak setahun lalu pengguna MySpace melaporkan bahwa lagu yang diunggah hingga 2015 tidak bisa diputar lagi.

Baca juga: Selain Path, Ini Tiga Jejaring Sosial yang Membuat Anda Bernostalgia

MySpace diperkirakan telah kehilangan semua musik unggahan pengguna yang di-upload selama 12 tahun, antara tahun pendiriannya pada 2003 hingga 2015.

Pakar teknologi dan mantan CTO situs crowdfunding Kickstarter, Andy Baio, memperkirakan sebanyak 50 juta lagu dari 14 juta musisi telah tersapu bersih dari MySpace.


Pihak MySpace dilaporkan sempat berupaya mengembalikan koleksi puluhan juta file musik yang diunggah selama belasan tahun itu, tapi kemudian angkat tangan.

“Disebabkan masalah saat migrasi server, file menjadi korup dan tidak bisa ditransfer ke situs baru kami,” sebut MySpace dalam sebuah pernyataan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN, Selasa (19/3/2019), MySpace sempat menjadi jejaring sosial terpopuler antara tahun 2005 hingga 2008, sebelum dilengserkan oleh Facebook.

Baca juga: 5 Media Sosial yang "Hidup Segan, Mati Tak Hendak"

Meski namanya kini sudah jatuh di bawah bayang-bayang media sosial lain, MySpace sempat berjasa mengorbitkan karir sejumlah musisi, seperti Arctic Monkeys, Panic! At the Disco, Sean Kingston, dan Kate Nash.

MySpace dibeli oleh News Corporation seharga 580 juta dollar AS pada 2004. Tahun 2011, MySpace dijual kembali ke firma ad targeting Specific Media dengan nilai hanya 35 juta dollar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.