"Backup" Foto ke Google Photos Kini Lebih Cepat dengan Fitur "Express"

Kompas.com - 21/03/2019, 13:17 WIB
Google Photos mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dengan jumlah tidak terbatasGoogle Google Photos mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dengan jumlah tidak terbatas

KOMPAS.com - Pencadangan foto di Google Photo biasanya memakan waktu cukup lama. Apalagi jika foto yang dicadangkan jumlahnya ratusan, ditambah koneksi internet yang pelan.

Namun kini, Google telah merilis fitur baru untuk mempercepat proses pencadangan di aplikasi galeri foto online besutannya itu. Fitur tersebut adalah "Express Backup".

Sesuai namanya, Express Backup akan mempercepat proses pencadangan foto dengan cara mengurangi resolusi gambar. Selama ini, Google Photos hanya menyediakan dua opsi resolusi penyimpanan, yakni Original Quality dan High Quality.

Baca juga: Google Photos Hentikan Penyimpanan Tak Terbatas untuk Video Tertentu

Dengan Express, pengguna tak perlu khawatir lagi apabila fotonya tidak tercandangkan karena koneksi internet yang lamban. Fitur ini telah mulai dirilis Google ke beberapa pengguna terpilih di India bulan Desember lalu.

Fitur Express Backup dan Data Limit Google PhotosAndroid Authority Fitur Express Backup dan Data Limit Google Photos

Google kemudian merilisnya untuk pengguna lebih luas minggu lalu di India. Pengguna yang telah melakukan upgrade Google Photos ke versi yang paling baru sudah bisa mencoba fitur ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Google Kini Tampilkan Link-link yang Pernah Dikunjungi

Google berjanji akan merilis fitur "Express backup" ke sejumlah negara secara bertahap. Selain "Express", Google juga merilis fitur Data Limit.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencadangkan foto yang disesuaikan dengan paket kuota internet yang dimiliki setiap hari. Ukuran data yang tersedia mulai dari 10 MB, 30 MB, hingga tak terbatas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X