Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti WhatsApp, Messenger Kini Bisa Balas Pesan dengan Kutipan

Kompas.com - 21/03/2019, 17:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dibanding WhatsApp, Facebook Messenger memang agak minim pembaruan fitur. Hal tersebut cukup wajar karena WhatsApp memang diplot sebagai aplikasi pesan instan dengan segala kemudahan untuk digunakan 1,5 miliar pengguna aktifnya.

Pembaruan fitur yang dibawa Messenger pun sedikit banyak sudah tersedia lebih dulu di WhatsApp, misalnya saja fitur unsend yang rilis beberapa waktu. Fitur ini serupa dengan fitur "delete for everyone" di WhatsApp.

Kali ini ada satu lagi fitur yang sudah ada di WhatsApp cukup lama, namun baru tiba di Messenger. Fitur tersebut bernama "message replies" yang fungsinya sama dengan fitur "quotes and replies" di WhatsApp.

Baca juga: Cara Menjawab Pesan yang "Tenggelam" di Grup WhatsApp

Kedua fitur sama-sama memungkinkan pengguna untuk mengutip dan membalas pesan tertentu dalam percakapan grup WhatsApp atau percakapan personal.

Fitur Message Replies di MessengerPhone Arena Fitur Message Replies di Messenger

Sebelumya, pengguna Messenger hanya bisa merespon pesan dengan memberikan like, atau  emoji terhadap pesan tertentu.

Pengguna Meseenger kini bisa mengetuk dan menahan pesan yang ingin dikutip dan dibalas. Cara ini mirip dengan "quotes and replies" pesan WhatsApp di versi yang lama.

Nantinya, pesan yang dikutip dan telah diberi balasan akan membentuk sebuah utas (thread), memudahkan obrolan privat di dalam diskusi grup untuk meminimalisir kebingungan atau salah tangkap mengenai pesan mana yang dibalas.

Baca juga: Facebook Messenger Sudah Bisa Hapus Pesan Terkirim, Begini Caranya

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (21/3/2019), fitur ini bisa didapatkan setelah pengguna memperbarui Messenger ke versi  terbaru, baik di platform Android maupun iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com