Facebook Perkenalkan "Headset VR" Baru, Oculus Rift S

Kompas.com - 21/03/2019, 19:51 WIB
Ilustrasi Oculus Rift S dengan Touch Controller UploadVRIlustrasi Oculus Rift S dengan Touch Controller
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Facebook selaku pemilik perusahaan perangkat Virtual Reality (VR) Oculus, pekan ini memperkenalkan headset Virtual Reality (VR) untuk PC bernama Oculus Rift S.

Perangkat tersebut merupakan penerus Oculus Rift generasi pertama yang telah meluncur pada 2016 silam dan membawa sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya.

Berbeda dengan perangkat Oculus lainnya, seperti Oculus Quest dan Oculus Go, Oculus Rift S harus disambungkan ke PC yang spesifikasinya mumpuni agar bisa menikmati pengalaman berjelajah dunia virtual.

Dari aspek desain, Oculus bekerja sama dengan Lenovo untuk meningkatkan kenyamanan pengguna ketika menggunakan Oculus Rift S, seperti pemerataan bobot yang tidak terfokus di satu titik.

Baca juga: Facebook Beli Oculus "Virtual Reality" Rp 22 Triliun

Selain itu, mekanisme light blocking pada perangkat ini juga lebih baik dari generasi pertama dan Halo Strap yang didesain oleh Lenovo juga membantu untuk menyeimbangkan Oculus Rift S dari segala tekanan ketika digunakan.

Untuk spesifikasinya, Oculus Rift S dibekali dengan layar LCD fast-switch dengan resolusi yang lebih besar dari pendahulunya, yakni 2.560 x 1.440, yang kali ini memiliki tiga sub-piksel untuk setiap pikselnya.

Oculus Rift generasi pertama diketahui memiliki layar OLED 2.160 x 1.200 dan memiliki dua sub-piksel di setiap pikselnya.

Ilustrasi sensor kamera Oculus Rift SUploadVR Ilustrasi sensor kamera Oculus Rift S

Dengan resolusi sebesar itu, Oculus Rift S diklaim mampu mengurangi efek screen door (garis yang muncul di antara piksel).

Meski begitu, ada beberapa kekurangan terkait penggunaan layar tersebut. Oculus Rift S mendukung refresh rate yang lebih kecil 10 Hz dari generasi pertama, yakni 80 Hz.

Penggunaan LCD juga menyebabkan Oculust Rift S tidak bisa menampilkan layar hitam yang lebih pekat dibandingkan generasi sebelumnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gizmodo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X