Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ingatkan Usia Windows 7 Tinggal Setahun Lagi

Kompas.com - 24/03/2019, 10:42 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft baru saja merilis pembaruan untuk sistem operasi Windows 7. Lewat pembaruan itu pula Microsoft mengingatkan pengguna bahwa usia Windows 7 tinggal satu tahun ke depan. 

Pemberitahuan tersebut disampaikan lewat sebuah jendela besar. Di sana tertulis bahwa dukungan keamanan untuk Windows 7 akan dihentikan pada 14 Januari 2020 mendatang.

"Setelah 10 tahun, dukungan untuk Windows 7 akan berakhir. 14 Januari 2020 adalah hari terakhir di mana Microsoft akan memberikan dukungan keamanan untuk Windows 7," tulis Microsoft dalam pemberitahuannya.

"Kami tahu bahwa perubahan bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, itulah mengapa kami memberi tahu lebih awal agar Anda bisa mem-backup dokumen Anda dan bersiap untuk hal berikutnya," lanjut Microsoft.

Dengan berakhirnya dukungan ini, maka pengguna tak akan lagi mendapat jaminan keamanan jika masih menggunakan Windows 7 setelah 14 Januari 2020 mendatang.

Dukungan keamanan untuk Windows 7 sendiri memang terhitung sudah cukup lama, yakni 10 tahun sejak Windows 7 diperkenalkan 2009 silam.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (24/3/2019), lewat halaman resminya Microsoft pun menyarankan pengguna agar beralih ke sistem operasi Windows 10.

Windows 10 sendiri saat ini telah memiliki jumlah pengguna yang lebih besar dari Windows 7.

Pada Desember 2018, NetmarketShare mencatat angka Windows 10 memiliki pangsa sebesar 39,22 persen dan menjadi sistem operasi dengan pangsa pasar terbesar saat ini.

Baca juga: Laptop Windows 10 Pakai Prosesor Galaxy S8, Hasilnya?

Kendati dukungan keamanannya akan dihentikan, Microsoft akan tetap membantu pengguna untuk beralih ke Windows 10 dengan memberi dukungan tambahan. Namun dukungan ini tidak diberikan secara cuma-cuma.

Dengan membayar biaya dalam jumlah tertentu, Windows 7 khusus untuk para pelaku bisnis dan enterprise akan tetap mendapat dukungan hingga Januari 2023 mendatang.

Dukungan resmi dari Microsoft untuk Windows 7 sejatinya sudah berakhir sejak 2015 lalu. Microsoft memperpanjang usia Windows 7 sampai 2020 karena sistem operasi ini masih memiliki basis pengguna yang besar.

Baca juga: Setelah 2020, Pengguna Windows 7 Mesti Bayar Rp 350.000 Setahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com