Kompas.com - 24/03/2019, 20:21 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar pengguna internet, layanan penyimpanan awan Google Drive kini sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Google Drive menjadi tempat di mana para pengguna menyimpan dokumen penting seperti foto, video, maupun file lainnya.

Layanan Google Drive ini diberikan secara cuma-cuma untuk para pengguna, tetapi kapasitasnya dibatasi maksimal hanya 15 GB. Jika ingin kapasitas lebih besar, ada biaya bulanan yang harus dibayar.

Dengan kapasitas yang cukup kecil ini tentu dokumen yang bisa disimpan pun jadi lebih terbatas. Sehingga pengguna rajin "membersihkan" penyimpanannya agar tidak cepat penuh.

Berikut ini adalah beberapa cara bersih-bersih Google Drive dengan mudah, yang dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (24/3/2019).

Hapus file besar

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menghapus file berukuran besar agar ruang penyimpanan kembali luas. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke tautan berikut ini. https://drive.google.com/drive/u/0/quota

Halaman tersebut akan memperlihatkan rincian file apa saja yang berukuran besar secara berurutan. Anda bisa memilih file apa saja yang akan dihapus dari penyimpanan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa aplikasi apa saja yang pernah diinstal pada smartphone Anda yang menyimpan data secara tersembunyi.

Caranya, pada halaman tadi klik ikon roda gerigi di bagian kanan atas. Kemudian klik menu setting dan masuk ke menu "manage apps". Di sana Anda akan menemukan rincian aplikasi apa saja yang menyimpan file tanpa Anda ketahui sebelumnya.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, pastikan Anda juga mengosongkan folder "trash" pada Google Drive Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.