Samsung Boyong 4 Jenis TV 8K ke Indonesia, Berapa Harganya?

Kompas.com - 25/03/2019, 13:21 WIB
Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin di sela-sela Samsung Forum 2019 di Resorts World Sentosa, Singapura, Senin (25/3/2019) KOMPAS.com/ DYLAN APRIALDOSenior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin di sela-sela Samsung Forum 2019 di Resorts World Sentosa, Singapura, Senin (25/3/2019)

SINGAPURA, KOMPAS.com - Samsung Electronics akan memasarkan 4 jenis perangkat televisi QLED 8K (delapan kali Full HD) di Indonesia mulai April dan Mei mendatang.

Hal itu disampaikan Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin di sela-sela Samsung Forum 2019 di Resorts World Sentosa, Singapura, Senin (25/3/2019).

"Ada 4 line up, semuanya akan kita bawa ke Indonesia, jadi dari 65 inci, 75 inci, 82 inci dan 98 inci," kata Ubay.

Untuk ukuran 65, 75, 82 inci akan diboyong ke Indonesia sekitar bulan April. Sementara ukuran terbesar, 98 inci, akan dibawa ke Indonesia pada Mei mendatang. Kisaran harganya mulai dari Rp 80,5 juta hingga Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Samsung Luncurkan TV QLED 8K untuk pasar Asia Tenggara

"Yang paling murah itu 65 inci start-nya di Rp 80,5 juta kira-kira. Yang paling mahal, yang ini (ukuran 98 inci) Rp 1,5 miliar," ujar Ubay.

Ubay menjelaskan, tren TV dengan layar besar semakin meningkat. Sehingga resolusi yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

"Resolusi yang dibutuhkan semakin tinggi supaya ppi-nya (pixel per inch) semakin tinggi. Itulah kenapa 8K keluar. Itu story-nya kenapa harus keluar," ujarnya.

Prosesor kuantum untuk AI

Ubay mengakui bahwa konten 8K di Indonesia sendiri belum ada. Oleh karena itu, Samsung mengusung prosesor gambar kuantum yang memungkinkan kecerdasan buatan (AI) di TV.

Teknologi ini mampu mengubah video resolusi rendah menjadi berkualitas 8K. Video dengan kualitas SD, Full HD, dan 4K akan ditingkatkan resolusinya.

Kecerdasan buatan menganalisis koleksi video dan menciptakan basis data untuk meningkatkan kualitas video beresolusi rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X