Kompas.com - 25/03/2019, 17:32 WIB
Peluncuran Oppo A5S di Jakarta, Senin (25/3/2019). KOMPAS.com/Bill ClintenPeluncuran Oppo A5S di Jakarta, Senin (25/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan seri Oppo F11 dan F11 Pro dua pekan lalu, kini Oppo memboyong ponsel terbarunya ke Indonesia, Oppo A5S. Ponsel ini menjadi jagoan teranyar Oppo untuk mengisi pasar ponsel kelas menengah di Indonesia.
 
Oppo A5S sendiri telah diluncurkan secara global oleh Oppo beberapa hari silam.
 
"Oppo A5S merupakan suksesor dari Oppo A3S yang diluncurkan tahun lalu," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, di panggung acara peluncuran Oppo A5S di Jakarta, Senin (25/3/2019).
 
Oppo A5s memiliki sejumlah peningkatan dari generasi pendahulunya, seperti pada sektor dapur pacu. Jika Oppo A3S dibekali chip Snapdragon 450, maka Oppo A5s dipersenjatai chip Helio P35.
 
Kedua chip sejatinya sama-sama memiliki CPU Cortex-A53, namun chip Helio P35 memiliki clockspeed yang lebih tinggi (maksimal 2,3 GHz). Perbedaan lain ada di GPU, Helio P35 menggunakan PowerVR GE8320, sama seperti yang ada di Helio P22.

Baca juga: Oppo A5s Meluncur dengan Poni Mungil dan Helio P35
 
Dari segi desain, Oppo A5S memiliki bentang layar 6,2 inci dengan panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520 piksel. Layar ini memiliki aspect ratio 19:9 dan dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass 3 dari Corning.
 
Berbeda dengan Oppo A3S yang menggunakan bilah "notch" memanjang, Oppo A5S mengusung desain waterdrop screen atau poni mungil di atas layar. Poni tersebut berfungsi untuk mewadahi kamera selfie 8 megapiksel yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI Beautification 2.0.
 
Berpindah ke bagian belakang, Oppo A5S mengusung konfigurasi kamera ganda yang terususun horizontal, dilengkapi dengan modul LED flash. Kamera tersebut masing-masing memiliki sensor 13 megapiksel dan 2 megapiksel (depth sensor).
 
Dari sisi memori, Oppo A5S hanya memiliki satu varian RAM dan memori internal, yakni RAM 2 GB dan memori penyimpanan 32 GB. Memori internal itu bisa diperluas dengan kartu micro SD hingga 256 GB.

Oppo A5S masih menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dilapis antarmuka ColorOS 5.2.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Berikut Harga Oppo F11 dan F11 Pro di Indonesia
 
Oppo A5S ditopang dengan baterai berkapasitas 4.230 mAh dan dibekali dengan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang.
 
"Oppo A5S kuat dipakai 17 jam pemakaian normal," ujar Aryo.

Di Indonesia, Oppo A5S hadir dalam dua varian warna, yaitu Red dan Black. Bagaimana soal harga?
 
Untuk harga, Oppo A5s dibanderol dengan harga Rp 1.999.000 di Indonesia. Oppo A5S bisa didapatkan di toko-toko ritel dan situs e-commerce mitra Oppo, mulai 27 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.