Kominfo Ingin Kaji Pembatasan Waktu Bermain PUBG

Kompas.com - 26/03/2019, 07:07 WIB
Tips bermain PUBG Mobile agar mendapat medali Chicken Dinner Android AuthorityTips bermain PUBG Mobile agar mendapat medali Chicken Dinner
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) mengatakan tertarik untuk mengkaji pembatasan jam bermain game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) seperti di India.

Adapun di India, waktu bermain PUBG dibatasi maksimal enam jam dalam satu hari. (Baca: PUBG Mobile Mulai Batasi Waktu Bermain Maksimal 6 Jam)

Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Samuel Pangerapan, pembatasan waktu bermain tersebut bisa saja diberlakukan. Namun pembatasan harus dilakukan serempak untuk semua game, bukan hanya PUBG saja.

"Sekarang belum ada rencana (membatasi waktu main game PUBG). Tapi menarik juga itu untuk dikaji," kata Samuel saat ditemui di kantor Kominfo, Senin (25/3/2019).

"Tapi game kan banyak, dan pembatasan itu harus serempak, harus semuanya," tambah Samuel.

Ia juga mengatakan bahwa Kominfo sendiri sebenarnya memiliki pedoman dan batasan umur untuk video game. Batasan tersebut di antaranya adalah untuk usia 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, dan 18 tahun.

Baca juga: Rencana Pemblokiran 15 Game Online, Tepat atau Salah Sasaran?

Menanggapi wacana diharamkannya PUBG oleh MUI, Samuel mengaku bahwa hari ini, Selasa (26/3/2019) Kominfo akan berdiskusi dengan MUI terkait hal tersebut.

"Nanti saya akan bahas dengan MUI. Sudah komunikasi, soalnya ini kan berkaitan dengan fatwa MUI Jabar. Saya diminta untuk memberikan pendapat," kata Samuel.

MUI sendiri kini tengah mempertimbangkan fatwa haram untuk game PUBG karena dianggap dapat memicu tindakan kekerasan bagi pemainnya. Pertimbangan ini diambil MUI pasca-insiden penembakan yang terjadi di Christcurch, Selandia Baru.

Baca juga: Disinggung Teroris Selandia Baru, Begini Reaksi YouTuber PewDiePie

Pelarangan serupa juga terjadi di India. Bedanya, pemerintah India melarang permainan PUBG karena bersifat adiktif dan membuat para pemainnya menghabiskan terlalu banyak waktu bermain PUBG.

Alhasil, anak muda di India dianggap tidak produktif dan game PUBG dinilai memberikan hal yang negatif.

Menanggapi wacana tersebut, Tencent kemudian mengujicoba fitur pembatasan waktu bermain PUBG di India. Setiap pemain hanya diperbolehkan bermain maksimal 6 jam dalam sehari.

Jika melebihi batas waktu, pemain baru akan bisa kembali melakukan login pada hari berikutnya.

Baca juga: Terlalu Asyik Main PUBG, 16 Mahasiswa India Ditangkap Polisi

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X