Alasan Oppo Belum Tanam Pemindai Sidik Jari di Layar Ponsel Menengah

Kompas.com - 26/03/2019, 15:38 WIB
Fitur Smart Bar Oppo A7 OppoFitur Smart Bar Oppo A7
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren in-display fingerprint agaknya bakal menjadi solusi di 2019 untuk menghilangkan sensor sidik jari konvensional yang ada di punggung.

Beberapa pabrikan smartphone seperti Samsung dan Vivo mulai menghadirkan fitur ini di jejeran seri ponsel mid-range mereka, sebut saja Samsung Galaxy A50 dan Vivo V15 Pro. Bagaimana dengan Oppo?

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A30

"Mungkin, tapi tidak tahun ini," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, menjawab pertanyaan soal kans pemindai sidik jari ditanamkan di layar ponsel kelas menengah dari pabrikan tersebut.

Ditemui KompasTekno di Jakarta usai acara peluncuran Oppo A5S, Senin (25/3/2019), Aryo beralasan bahwa pihaknya merasa biaya komponen tersebut terlalu tinggi apabila disematkan di lini ponsel seperti A series dari Oppo. "Harganya masih mahal," katanya. 

Ilustrasi Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, saat memamerkan Oppo A5s di panggung acara peluncuran, Senin (25/3/2019).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, saat memamerkan Oppo A5s di panggung acara peluncuran, Senin (25/3/2019).

Oppo sendiri bukannya tidak memiliki produk ponsel dengan pemindai sidik jari di dalam layar. Model R17 Pro yang meluncur di Indonesia pada awal tahun ini, misalnya sudah dibekali fitur tersebut.

Namun, dengan banderol mencapai kisaran Rp 10 juta, Oppo R17 Pro termasuk segmen menengah-atas, kalau bukan premium.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo R17 Pro di Indonesia

Dua ponsel papan tengah lainnya dari Oppo, F11 dan F11 Pro dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga Rp 5 juta, tidak memiliki in-display fingerprint scanner

Harga Oppo F11 Pro memang masih lebih rendah dibandingkan Vivo V15 Pro yang memiliki pemindai sidik jari di dalam layar dan dibanderol Rp 5,7 juta. Sementara, Galaxy A50 yang juga datang dengan fitur in-display fingerprint scanner dihargai Rp 4,9 juta.

Adapun Oppo A5S  termasuk kelas menengah-bawah atau entry-level dengan banderol harga Rp 2 juta.

Ponsel ini dibekali layar 6,2 inci (1.520 x 720 piksel), SoC MediaTek Helio P35, RAM 2 GB, media internal 32 GB, baterai 4.230 mAh, kamera belakang 13 megapiksel dan 2 megapiksel, serta kamera depan 8 megapiksel.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X