Huawei Diam-diam Rilis P30 Lite, “Kembaran” Nova 4e

Kompas.com - 27/03/2019, 12:15 WIB
Tampilan Huawei P30 Lite di laman pre-order situs Huawei. HuaweiTampilan Huawei P30 Lite di laman pre-order situs Huawei.

PARIS, KOMPAS.com - Huawei P30 Pro dan P30 telah resmi diperkenalkan di Paris, Perancis, Selasa (26/3/2019) kemarin. Ada satu model lagi yang dinantikan tapi ternyata tidak diumumkan, yakni P30 Lite.

Ke mana perginya P30 Lite? Dalam sesi wawancara usai acara, CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu mengatakan bahwa P30 Lite sebenarnya ada dan akan segera dipasarkan. Namun, Yu berujar dia sengaja tak mengumumkan P30 Lite bersama dengan P30 dan P30 Pro.

"Kami punya (P30 Lite), tapi karena itu bukan flagship jadi tidak kami luncurkan (bersama P30 Pro dan reguler)," kata Yu.

Baca juga: Huawei P30 Pro Resmi Meluncur dengan 4 Kamera dan "Zoom Periskop" 5x

Ia menambahkan P30 Lite akan langsung dijual ke pasaran. Belum diketahui kapan versi Lite ini akan bisa didapatkan di Indonesia, menyusul dua model lain yang siap dipesan mulai 12 April mendatang.

Meski begitu,  P30 Lite diam-diam sudah mulai dijual alias dirilis tanpa banyak hingar bingar seperti P30 dan P30 Pro.

Laman resmi Huawei sudah membuka sesi pre-order P30 Lite mulai 26 Maret hingga 10 April. Ponsel ini pun sudah dipajang oleh e-commerce Singapura dengan banderol 398 dollar Singapura atau p 4,1 juta.

P30 Lite atau Nova 4e?

P30 Lite memiliki bentang layar 6,15 inci dengan resolusi layar full HD 2312 x 1080, tapi spesifikasi perangkat ini berbeda jauh dari dua kakaknya.

Dapur pacu P30 Lite mengandalkan chip Kirin 710 dengan RAM 6 Gb dan media internal 128 GB, berikut baterai 3.400 mAh dan pemindai sidik jari konvensional di punggung, bukan tertanam di layar.

Di bagian belakang P30 Lite terdapat tiga buah kamera yang terdiri dari kamera  24 megapiksel wide, 8 megapiksel ultra-wide, dan 2 megapiksel depth sensor. Kamera depannya beresolusi 32 megapiksel.

Spesifikasi P30 Lite terbilang sangat mirip dengan Huawei Nova 4e yang telah diperkenalkan di China pada pertengahan bulan ini.

Baca juga: Resmi, Huawei Nova 4e Punya Tiga Kamera Belakang

Sebab itu, beredar dugaan bahwa P30 Lite tak lain merupakan "kembaran" Huawei Nova 4e yang berganti nama ketika dipasarkan di wilayah pasar lain.

Terlebih, pihak Huawei di Malaysia sebelumnya sempat kebablasan menyimpan file gambar Nova 4e di dalam folder bernama “ p30-lite” di situsnya.

Namun, ini sebenarnya bukan hal baru karena Huawei Nova 3e sebelumnya juga dijual dengan nama lain P20 Lite di sebagian wilayah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X