Telegram Sudah Bisa Hapus Pesan Tanpa Batas Waktu, Begini Caranya

Kompas.com - 27/03/2019, 14:42 WIB
Ilustrasi aplikasi TelegramIst Ilustrasi aplikasi Telegram
KOMPAS.com - Telegram mendatangkan fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus isi pesan dari sisi pengirim maupun penerima secara instan tanpa batas waktu.
 
Sebelumnya, pengguna hanya bisa menghapus pesan yang hanya dikirim saja. Itupun hanya untuk pesan yang baru berumur kurang dari 48 jam. 
 
Cara menghapus pesan di Telegram sendiri sangat mudah. Pengguna cukup tekan pesan yang ingin dihapus selama beberapa detik kemudian pilih ikon "tong sampah" di pojok kanan atas jendela percakapan, sebagaimana tampak pada ilustrasi gambar di bawah (gambar 1).

Baca juga: Telegram Kini Bisa Ubah Gambar "Background" Percakapan, Begini Caranya

Setelah itu, jika ingin menghapus pesan itu dari lawan percakapan, centang kotak "Also delete for (nama teman chatting)" dan klik tombol "Delete". Dengan begitu, pesan-pesan yang dikirim akan dihapus, bukan hanya dari pengirim saja, namun juga penerima chat.
 
 
Ilustrasi langkah-langkah hapus pesan TelegramKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah-langkah hapus pesan Telegram
Pengguna juga bisa menghapus seluruh isi pesan (riwayat percakapan) yang telah dikirim.

Caranya cukup buka percakapan dengan seseorang yang isi pesannya ingin di hapus, kemudian pilih ikon "tiga dot" pada pojok kanan atas jendela percakapan dan pilih opsi "Clear history", seperti ilustrasi (2) di atas.

 
Setelah itu,  akan muncul jendela konfirmasi penghapusan riwayat percakapan. Untuk menghapus seluruh isi percakapan dari kedua sisi, centang kotak " Also clear history for (nama teman chatting)" yang bisa dilihat di gambar (3) dan klik tombol "Clear History".
 
Fitur lainnya mencakup "anonymous forwarding", pengaturan untuk menyembunyikan foto profil pengguna, fitur pencarian di menu " Settings", fitur pencari emoji (khusus Android), dan fitur gestur VoiceOver (iOS)/TalkBack (Android).

Baca juga: WhatsApp Tumbang, Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

 
Fitur "anonymous forwarding" bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan identitas orang yang membuat pesan yang telah di-forward.
 
Fitur-fitur di atas bisa dimanfaatkan pengguna di aplikasi Telegram mulai versi 5.5, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrustedReviews, Rabu (27/3/2019).




Close Ads X