Sony Rilis Kamera Aksi RX0 II, Bisa 4K dan Punya Layar Selfie

Kompas.com - 27/03/2019, 17:13 WIB
Kamera aksi Sony RX0 II SonyKamera aksi Sony RX0 II
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Awal pekan ini, Sony mengumumkan kehadiran kamera aksi baru bernama RX0 II. Kamera ini merupakan penerus produk terdahulu, RX0, yang diluncurkan pada 2017.

Seperti RX0 sebelumnya, RX0 II memiliki sensor gambar berukuran 1 inci yang lebih besar dibandingkan kamera aksi lain pada umumnya (1/2,3 inci atau 1/3,2 inci) sehingga menjanjikan kualitas gambar lebih tinggi.

Resolusi sensor RX0 II kini menjadi 15,3 megapiksel, turun dari 21 megapiksel di RX0. Kemungkinan hal ini dilakukan demi meningkatkan kinerja low-light. RX0 II memiliki tingkat sensitivitas hingga ISO 12.800.

Sensor tadi dipasangkan dengan prosesor gambar Bionz X dan lensa Zeiss Tessar bersudut pandang 24mm (ekuivalen full-frame) dengan bukaan f/4. Jarak fokus terdekatnya mencapai 20 cm.

Uniknya untuk ukuran kamera aksi, RX0 II dibekali layar 1,5 inci yang bisa ditekuk 180 derajat ke atas sehingga menghadap ke depan untuk mempermudah selfie atau vlogging. Layar ini juga bisa ditekuk 90 derajat ke arah bawah.

Kamera aksi Sony RX0 II memiliki layar 1,5 inci yang bisa ditekuk 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah.Sony Kamera aksi Sony RX0 II memiliki layar 1,5 inci yang bisa ditekuk 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah.

Dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (27/3/2019), RX0 II pun kini mampu merekam video 4K dengan frame rate 30 FPS tanpa perlu dihubungkan ke external recorder via HDMI seperti RX0. Kecepatan continuous shoot turut ditingkatkan hingga 16 FPS.

Baca juga: Mirrorless Sony a6400 Masuk Indonesia, Harga Rp 13 Juta

Layaknya kamera aksi, RX0 II pun anti-air hingga kedalaman 10 meter, tahan tekanan hingga 199,6 kg, serta tahan jatuh dari ketinggian hingga 1,98 meter.

Fitur lain termasuk electronic image stabilizer, mode high-frame rate hingga 960 FPS NTSC dan 1.000 FPS PAL, profil gamma S-Log2, interval recording untuk timelapse, dan konektor jack audio 3,5mm.

Sony rencananya akan mulai memasarkan RX0 II pada bulan April mendatang. Banderol harganya 700 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi CPU dan GPU PlayStation 5

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.