Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginikah Tampilan Mode Gelap WhatsApp di Android?

Kompas.com - 27/03/2019, 18:27 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

 

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur yang tengah dinantikan penggunanya sejak lama, yaitu fitur "Dark Mode" atau mode gelap, pada aplikasi WhatsApp versi Android.

Hal ini diketahui dari sejumlah tangkapan layar pengaturan WhatsApp yang dibagikan oleh WABetaInfo, situs yang kerap mengulik-ngulik fitur terbaru WhatsApp yang akan datang di kemudian hari.

Tampak dari gambar, beberapa menu pengaturan, dari pengaturan utama hingga pengaturan notifikasi, memiliki latar belakang warna gelap.

Baca juga: Cara Unik Mengaktifkan "Mode Gelap" di Facebook Messenger

Pada pengaturan utama, misalnya, seluruh latar belakang menu tersebut tampak berwarna hitam, sementara teks-teks menu, seperti "Account", terlihat berwarna putih.Lalu, tampilan ikon sendiri hadir dengan warna hijau.

Tak terlihat ada latar belakang yang berwarna putih di tampilan mode gelap di sisi pengaturan ini.

Ilustrasi screenshot mode gelap pengaturan WhatsAppWABetainfo Ilustrasi screenshot mode gelap pengaturan WhatsApp
Terkait warna, WhatsApp disinyalir bakal menerapkan konsep warna abu-abu gelap, bukan hitam pekat. Dengan begitu, komposisi kontras warna yang terpaut tinggi antara hitam dan putih pun tidak akan begitu menusuk mata.

Mode gelap ini sendiri tengah diuji coba pada WhatsApp beta Android versi 2.19.82 dan masih dalam tahap pengembangan untuk memastikan tidak ada bug yang mengganggu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Wccftech, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Agar Baterai Android Lebih Irit, Aktifkan Mode Tampilan "Dark Mode"

Mode gelap WhatsApp sendiri sudah dirumorkan sejak tahun lalu. Sebelumnya, WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur "dark mode" di aplikasi versi iOS, namun dengan konsep warna hitam pekat.

Mode gelap sendiri sejatinya akan mengubah antarmuka dari latar belakang berwarna cerah, menjadi gelap hitam atau gelap biru navy seperti Twitter.

Mode ini hadir dengan maksud agar mata tak mudah lelah terpapar layar dengan cahaya terang terus-menerus. Selain itu, antarmuka gelap juga bisa menghemat baterai.

Baca juga: Mode Gelap YouTube Hadir di Android

Terkait desain mode gelap, WhatsApp agaknya telah disalip oleh beberapa aplikasi lain yang telah menyertakan mode gelap sebagai pilihan desain antarmukanya. Beberapa di antaranya adalah YouTube, Telegram, Messenger, Chrome, dan Twitter.

Belum diketahui kapan fitur "dark mode" ini bakal menyambangi pengguna WhatsApp secara global. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com