Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Kembali Pamer Ponsel Lipat Lewat Video

Kompas.com - 28/03/2019, 18:58 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - MenyusulSamsung dan Huawei, Xiaomi juga sedang menyiapkan ponsel dengan layar lipat. Belakangan perangkat ini kembali dipamerkan oleh sang pabrikan lewat sebuah video yang diunggah ke jejaring sosial China, Weibo.

Video singkat berdurasi 10 detik itu menampilkan seseorang sedang mengoperasikan ponsel lipat dari Xiaomi dalam keadaan layar dibentangkan (mode tablet).

Dua memanfaatkan gestur untuk navigasi antar menu. Gestur swipe ke kiri sebagai tombol "back" untuk berpindah dari aplikasi yang sedang ia buka ke tampilan awal ponsel atau home.

Baca juga: Pendiri Xiaomi Pamer Ponsel Lipat Bikinan Perusahaannya

Ini mengindikasikan bahwa nantinya ponsel lipat dari Xiaomi bisa saja tidak memiliki tombol navigasi on-screenProses navigasi mungkin akan mengandalkan gestur berupa sapuan jari sepenuhnya.

Setelah ia selesai bernavigasi, sang orang dalam video melipat ponsel tersebut dari dua sisi, yakni kiri dan kanan, ke arah belakang sehingga lebar layarnya menciut jadi seukuran smartphone.

Berbeda dari ponsel Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X yang hanya memiliki satu lipatan (engsel) di bagian tengah, ponsel lipat Xiaomi diduga memiliki dua buah engsel untuk melipat layar.

Video selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dijual setengah harga?

Sebelum video ini muncul, seorang petinggi Xiaomi sempat terlihat menggunakan ponsel lipat Xiaomi dalam video lain yang lebih dulu beredar. Asalnya juga dari sang pabrikan asal China tersebut.

Selain mekanisme lipatan dengan dua engsel, hal menarik lainnya dari ponsel lipat Xiaomi dibandingkan Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X adalah harganya yang konon lebih "bersahabat" dengan kantong.

Ponsel lipat Xiaomi kabarnya akan dijual dengan banderol setengah harga ponsel lipat lain, yakni 999 dollar AS atau sekitar Rp 14,2 juta. Sementara, Galaxy Fold diketahui berharga 1.980 dollar AS (Rp 28 juta). Mate X lebih tinggi lagi dengan kisaran 2.300 euro (Rp 36,5 juta).

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Kenapa ponsel lipat Xiaomi bisa lebih murah? Perangkat itu disinyalir memakai layar fleksibel bikinan Visionox Technology, pabrikan panel layar yang relatif belum terkenal seperti BOE (Huawei) atau Samsung Display.

Dari segi jeroan, ponsel lipat Xiaomi diduga bakal mengandalkan SoC Snapdragon 855 dengan RAM 10 GB, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Kamis (28/3/2019).

Xiaomi kabarnya bakal memproduksi ponsel lipatnya secara massal pada tahun ini apabila mendapat tanggapan positif dari para Mi Fans penggemarnya secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com