Huawei P30 Pro Vs Samsung Galaxy S10 Plus, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 28/03/2019, 20:07 WIB
Huawei P30 Pro (kiri) dan Samsung Galaxy S10 Plus KOMPAS.com/ OIK YUSUFHuawei P30 Pro (kiri) dan Samsung Galaxy S10 Plus
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Huawei akhirnya secara resmi merilis ponsel flaghsip terbarunya yakni P30 dan P30 Pro di Paris, pada Selasa (26/3/2019). Dari keduanya, Huawei P30 Pro menjadi model yang paling diunggulkan karena membawa fitur terlengkap dan teranyar.

Misalnya, empat buah kamera belakang yang tersusun secara vertikal dan salah satunya berteknologi 5x periscope zoom. Fitur ini disebut membuat P30 Pro mampu memotret objek foto dari jarak jauh dengan detail yang tajam.

Namun di tahun 2019 ini, bukan hanya Huawei yang merilis ponsel flagship. Samsung, sudah lebih dulu memperkenalkan lini Galaxy S10 sebagai flagship andalan, dalam waktu lebih kurang hanya sebulan sebelum kemunculan seri Huawei P30.

Baca juga: Huawei P30 Pro Resi Meluncur dengan 4 Kamera dan "Zoom Periskop" 5X

Lini Galaxy S10 memiliki tiga model berbeda yakni Galaxy S10e sebagai varian termurah, Galaxy S10 reguler dan Galaxy S10 Plus dengan spesifikasi tertinggi.

Dengan mengusung spesifikasi yang sama-sama tinggi, kompetisi antara kedua ponsel di pasaran memang tak bisa dihindari. Antara Huawei P30 Pro dan Galaxy S10 Plus, mana yang lebih unggul?

Simak perbandingan dua ponsel teratas milik Huawei dan Samsung ini dalam paparan berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (28/3/2019).

Desain layar, "hole-punch" atau "poni"?

Huawei P30 Pro (kiri) menggunakan poni untuk menyematkan kamera depan. Semetara Galaxy S10 Plus menggunakan layar berlubang atau hole punch untuk menempatkan dua kamera depannya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Huawei P30 Pro (kiri) menggunakan poni untuk menyematkan kamera depan. Semetara Galaxy S10 Plus menggunakan layar berlubang atau hole punch untuk menempatkan dua kamera depannya.

Kedua ponsel ini memiliki ukuran layar yang hampir sama. Huawei P30 Pro memiliki panel OLED 6,47 inci sementara Galaxy S10 Plus memiliki panel Dynamic AMOLED dengan diagonal 6,4 inci.

Meski punya ukuran yang sedikit lebih besar, Layar P30 Pro punya resolusi lebih rendah yaitu 2.340 x 1.080 piksel, sementara resolusi layar S10 Plus mencapai 3.040 x 1.440 piksel.

Tingkat kerapatan pixel dari layar Galaxy S10 Plus pun lebih tinggi, yakni 522 pixel per inch (PPI), dibanding layar P30 Pro sebesar 398 PPI.

P30 Pro dan Galaxy S10 Plus menganut rancangan berbeda dalam menyembunyikan kamera depan. P30 Pro menempatkan kamera selfie (32 megapiksel, f/2.0) di dalam sebuah "poni" mungil.

Baca juga: Menggenggam Huawei P30 Pro, Ponsel 4 Kamera dengan "Zoom Periskop" 5X

Sementara, kamera depan Galaxy S10 Plus yang berjumlah dua buah (10 megapiksel f/1.9 dan 8 megapiksel f/2.2 depth sensor) disematkan dalam lubang elips di sisi kanan layar. Samsung menyebut rancangan layar "hole-punch" macam ini sebagai "Infinity-O".

Bagian belakang Galaxy S10 Plus dan P30 Pro sama-sama berlapis kaca dan mendukung fitur reverse wireless charging untuk mengisi baterai perangkat lain secara nirkabel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X