Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Bikin Smartphone Berkamera 100 Megapiksel?

Kompas.com - 29/03/2019, 07:06 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah beberapa pabrikan menyematkan kamera dengan resolusi setinggi 48 megapiksel di ponsel masing-masing, perlombaan angka ini agaknya akan berlanjut hingga mencapai ratusan megapiksel.

Lenovo misalnya, dikabarkan bakal merilis ponsel berkamera 100 megapiksel dalam waktu dekat. Indikasinya diperoleh dari VP Lenovo Grouo, Chang Cheng, yang berkata bahwa ponsel Lenovo Z6 Pro bakal memiliki “semiliar piksel”.

Perkataan Cheng itu ramai diartikan bahwa sang ponsel akan memiliki kamera 100 megapiksel, meski “semiliar piksel” sebenarnya adalah 1.000 megapiksel (1 megapiksel = 1 juta piksel).

Lenovo Z6 Pro sendiri disinyalir akan meluncur di China pekan ini. Belum diketahui apakah ia akan meneruskan ponsel sebelumnya, Z5 Pro GT, atau dijual berdampingan sebagai produk yang diposisikan lebih tinggi di pasaran.

Baca juga: Ponsel Berkamera 100 Megapiksel Diprediksi Hadir Tahun Ini

Belum banyak yang diketahui soal Lenovo Z6 Pro. Segelintir rumor menyebutkan bahwa ia akan dibekali chip Snapdragon 855 dan kapasitas RAM hingga 12 GB, di luar kamera 100 megapiksel tadi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (28/11/2019).

Sebelumnya, Qualcomm selaku empunya SoC Snapdragon pernah melontarkan prediksi bahwa ponsel dengan kamera hingga 100 megapiksel bakal meluncur pada 2019.

Seorang perwakilan Qualcomm menyebutkan bahwa sebagian chip mobile Snapdragon  bikinan perusahaannya sudah mendukung sensor kamera dengan resolusi hingga 192 megapiksel.

Resolusi 100 megapiksel di kamera yang dimaksud itu agaknya ditujukan untuk teknik pixel binning, yakni menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk meningkatkan kualitas foto hasil akhir, terutama dalam kondisi low-light.

Alhasil, resolusi gambar akhir pun terbagi empat, yakni menjadi 25 megapiksel. Hal itu seperti cara kerja ponsel berkamera 48 megapiksel saat ini, yang menghasilkan gambar akhir beresolusi 12 megapiksel (48 dibagi 4).

Ponsel mungkin bisa "dipaksa" menjepret dengan resolusi aslinya sebesar 100 megapiksel utnuk memaksimalkan ketajaman, tapi segala manfaat pixel binning seperti mode malam tidak akan bisa dipakai.

Baca juga: Kamera 48 Megapiksel Vivo V15 Pro, Kenapa Fotonya Hanya 12 Megapiksel?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com