Melihat Hasil Jepretan Kamera Zoom 5x Huawei P30 Pro

Kompas.com - 29/03/2019, 11:05 WIB
Quad-cmaera Huawei P30 Pro Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiQuad-cmaera Huawei P30 Pro

PARIS, KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan P30 Pro dengan membawa fitur unggulan yakni teknologi 5x periscope zoom. Fitur ini dijanjikan membuat Huawei P30 Pro mampu menangkap obyek foto dari jarak jauh dengan detail tajam.

Kamera 5x periscope merupakan kamera telephoto resolusi 8 megapiksel dengan jangkauan focal length 125 mm ekuivalen full-frame (f/3.4) dan Optical Image Stabilization (OIS).

"Kami adalah yang pertama menerapkan kamera telephoto periscope zoom 5x di industri," ujar CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu saat memperkenalkan ponsel Huawei seri P30 di panggung acara.

Perbesaran lensa zoom 5x memang cukup baru di fotografi mobile, sebab pada umumnya, permbesaran lensa smartphone hanya 2 hinga 3 kali. Fitur optical zoom ini dilakukan dengan hardware berupa susunan lensa berbentuk periskop.

Baca juga: Huawei P30 Pro Vs Samsung Galaxy S10 Plus, Mana yang Lebih Unggul?

Akan tetapi, fitur ini didapatkan dari penggunaan lensa tetap, tidak benar-benar memperbesar dan memperkecil secara optis. Gambar yang ditangkap dari kamera wide 20 megapiksel dan wide angle 40 megapiksel dikombinasikan dengan algoritma untuk mendapatkan efek zoom.

(ki-ka) Perbandingan jepretan ultra wide dan wide P30 ProKompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi (ki-ka) Perbandingan jepretan ultra wide dan wide P30 Pro

Untuk menggunakan fitur ini, akan ditemui slider zoom di sisi kanan atas antarmuka kamera. Ada beberapa titik mulai dari wide hingga perbesaran 50 kali, namun saat zoom lebih dari 5x, yang didapatkan adalah zoom digital.

Konsekuensinya, resolusi gambar pun akan turun. Huawei P30 Pro memiliki setup quad camera.

Selain periscope zoom 8 megapiksel, ada tiga kamera lainnya. Di tengah terdapat kamera 40 megapiksel dengan lensa wide (f/1.6) serta OIS dan paling atas adalah kamera 20 megapiksel dengan lensa ultra-wide (f/2.2).

(ki-ka) Perbandingan jepretan ultra wide dan 5x perbesaranKompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi (ki-ka) Perbandingan jepretan ultra wide dan 5x perbesaran
Di sebelah susunan kamera terdapat kamera Time of Flight (ToF) untuk fitur 3D-depth range scanning (menghasilkan efek bokeh), yang terletak di bawah LED flash. Selain fitur optical zoom, Huawei juga memperkenalkan layout piksel anyar "RYYB" (red yellow tellow blue).

Ini merupakan layout baru, karena biasanya, warna yang digunakan oleh sensor kamera adalah "RGB" (satu piksel merah, dua piksel hijau, dan satu piksel biru).

Dengan mengekspansi spektrum warna hijau menjadi kuning-kuning, Huawei menjanjikan sensitivitas cahaya akan meningkat 40 persen dibanding pendahulunya.

Untuk melihat lebih banyak hasil kamera zoom optik 5x Huawei P30 Pro, lihat di galeri di tautan berikut ini.

Baca juga: Segera Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Spesifikasi Huawei P30 dan P30 Pro

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X