Dibongkar, Rahasia Kamera “Zoom Periskop 10x” Oppo Reno Terungkap

Kompas.com - 29/03/2019, 14:16 WIB
Potongan video yang disinyalir memperlihatkan komponen-komponen modul kamera Oppo Reno. GSMArenaPotongan video yang disinyalir memperlihatkan komponen-komponen modul kamera Oppo Reno.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Usai diperkenalkan Oppo dalam ajang MWC 2019 di Barcelona, Spanyol, Februari lalu, teknologi kamera “ zoom periskop” 10x kabarnya akan hadir perdana di ponsel high-end yang bernama Reno.

Nah, sebuah video yang beredar dari China belakangan ini disinyalir memperlihatkan jeroan internal dari modul kamera Oppo Reno. Rahasia kamera dengan zoom optis 10x yang bisa muat di bodi ponsel ini pun terungkap.

Dalam video terlihat bahwa Reno memiliki dua modul kamera. Modul pertama konon berisi kamera wide angle 48 megapiksel (f1/1.8) berikut kamera Time of Flight. Modul kedua berisi kamera telephoto 20 megapiksel (f/2.6) dengan zoom optis 5x.

Baca juga: Kamera Zoom 10X Oppo Debut di Ponsel Reno, Meluncur 10 April

Ukuran modul kamera telephoto zoom ini hanya 12,5 x 11,5 x 5,73 mm sehingga cukup kecil untuk ditempatkan di dalam bodi ponsel. Ada tiga komponen utama, yakni sensor, rangkaian lensa, dan prisma.

Berbeda dari kamera saku yang menjalankan mekanisme zoom secara vertikal, kamera milik Oppo Reno melakukan zooming secara horizontal, sehingga ukuran fisik lensa tidak memanjang keluar dari bodi ponsel.

Rahasianya terletak pada komponen prisma yang membelokkan cahaya ke arah samping, seperti periskop kapal selam. Lantaran itu pula dinamai “periscope zoom”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (29/3/2019).

Rangkaian lensanya juga dibuat menggunakan desain “D-cut” khusus agar bisa dibuat setipis mungkin. Lalu, ada fitur optical image stabilization yang diterapkan di prisma dengan kumparan magnetik.

Jadi, alih-alih menggerakkan rangkaian lensa seperti OIS tradisional, kamera periskop Oppo Reno justru mengerakkan prisma untuk meredam goyangan. Ilustrasi soal ini bisa dilihat di menit 2.15 dalam video.

Baca juga: Menjajal Ponsel Zoom Optik 10X Oppo di Barcelona

Kamera periskop Oppo Reno disinyalir hanya memiliki tingkat zoom optis 5x. Namun, lewat teknik kombinasi (hybrid) dengan zoom digital dari kamera wide, tingkat zoom bisa dinaikkan menjadi 10x.

Mirip-mirip cara kerja mekanisme zoom hybrid Huawei P30 Pro yang juga hanya memiliki zoom optis 5x tapi bisa ditingkatkan menjadi 10x.

Video selengkapnya dapat disimak di tautan berikut.


 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X