Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fitur Baru yang Akan Hadir di Update Xiaomi MIUI 11

Kompas.com - 29/03/2019, 17:35 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan telah mulai menggarap software antarmuka ponsel terbarunya, MIUI 11, sejak awal 2019. Kini, Head of Product Planning Xiaomi, Liu Ming mengungkap sejumlah fitur baru yang akan ditambahkan ke dalam MIUI 11.

Salah satu perubahan besar yang akan ditemui dalam MIUI 11 adalah sistem ikon baru yang telah didesain ulang dari awal. Ikon-ikon itu akan memiliki ciri yang sama.

Fitur lain yang akan ditemui dalam MIUI 11 adalah mode power saving atau penghemat daya. Mode ini akan mematikan semua fungsi sistem dalam ponsel, kecuali telepon dan SMS.

Saat dalam mode ini, semua warna akan dimatikan dan antarmuka smartphone Xiaomi akan berubah menjadi monokrom (hitam-putih), untuk menghemat daya.

Baca juga: Bos Xiaomi Janji Hapus Iklan di MIUI

Namun tetap saja, pengguna akan diberi pilihan untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu yang diinginkan.

MIUI 11 juga akan secara otomatis menghapus screenshot (gambar tangkapan layar) yang telah dikirim ke kontak. Ini berguna untuk menghemat penyimpanan internal smartphone.

Xiaomi juga mengoptimalkan status bar untuk menampilkan berbagai informasi, serta memperbanyak dukungan mode gelap (dark mode) untuk banyak aplikasi.

Dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (29/3/2019), Liu Ming mengatakan bahwa MIUI 11 dikerjakan secara sungguh-sungguh dan ia berharap pengguna akan menyukainya.

Untuk diketahui, MIUI 11 tidak akan tersedia bagi perangkat-perangkat Xiaomi lawas, seperti Mi 5 dan Redmi Note 3, karena Xiaomi telah menghentikan dukungannya sejak MIUI 10.

Software antarmuka MIUI 11 berbasis Android 9 dijadwalkan akan dirilis pada kuartal II-2019, bersamaan dengan peluncuran ponsel flagship Xiaomi yang baru.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com