Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 10 Tidak Punya Tombol Power dan Volume?

Kompas.com - 30/03/2019, 16:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis smartphone flagship Galaxy S10. Tak mau bersantai, vendor ponsel Korea Selatan itu dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dari lini Galaxy Note, yakni Note 10.

Situs berita Korea Selatan ETNews memberitakan bahwa sumber dalam industri mengatakan bahwa Samsung bakal memasang teknologi keyless (tanpa tombol fisik) di smartphone premium berikutnya.

Konsep ponsel tanpa tombol fisik ini kabarnya bakal diperkenalkan Samsung pada 25 April mendatang. Kemungkinan teknologi ini bakal diterapkan pertama kali di Galaxy Note 10.

Untuk diketahui, desain ponsel Galaxy S dan galaxy Note Samsung selama ini memang masih mengandalkan tombol fisik untuk sejumlah fungsi tertentu, seperti tombol power, volume, dan tombol khusus Bixby.

Lantas jika tombol fisik tersebut dihilangkan, apa gantinya?

Dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Sabtu (30/3/2019), Samsung dikabarkan tengah mengembangkan teknologi kontrol lewat sentuhan, seperti untuk tombol volume naik-turun.

Pabrikan modul keyless asal China, NDT disebut-sebut sebagai rekanan Samsung dalam mengembangkan teknologi tersebut. NDT sendiri diketahui mengembangkan teknologi modul yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan.

Baca juga: Mengenal Sistem Pendingin “Water Cooling” di Galaxy Note 9

Lebih menariknya lagi, teknologi tombol sentuh ini juga disebut-sebut bukan hanya untuk lini ponsel premium Samsung saja, melainkan juga untuk lini ponsel kelas menengah dan bawah Samsung, seperti lini Galaxy A.

Konsep smartphone tanpa tombol fisik ini telah dikenalkan sebelumnya oleh vendor China, Meizu, lewat ponselnya Meizu Zero.

Baca juga: 8 Fitur Galaxy S10 yang Hadir untuk Pertama Kalinya di Samsung

Untuk Galaxy Note 10 sendiri, bocoran spesifikasi yang beredar sejauh ini mencakup chip Snapdragon 855 atau Exynos 5100 dengan 5G atau Exynos 9825, RAM 12 GB, dan penyimpanan 1 TB.

Galaxy Note 10 juga digadang-gadang sebagai ponsel kelas flagship pertama Samsung dengan empat kamera belakang. Galaxy Note 10 diprediksi bakal dikenalkan Samsung pada Agustus 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com