Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan MRT Jakarta Bisa Dipantau Pakai Google Maps

Kompas.com - 01/04/2019, 15:33 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Pengguna moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta kini bisa memantau perjalanan kereta dengan mudah menggunakan aplikasi Google Maps

Google Indonesia mengumumkan bahwa Google Maps kini memuat informasi seputar perjalanan MRT Jakarta, seperti informasi tentang rute, jadwal, dan waktu tiba, meliputi rute Stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Informasi-informasi di atas bisa diakses melalui fitur Transit di aplikasi Google Maps. Transit merupakan fitur berisi informasi publik transportasi pertama di Indonesia yang tersedia di Google Maps.

Sebelumnya, informasi rute perjalanan bus Transjakarta juga telah diintegrasikan ke dalam fitur Transit di Google Maps.

Tampilan antarmuka fitur Transit di Google Maps menunjukkan rute perjalanan MRT Jakarta.Google Tampilan antarmuka fitur Transit di Google Maps menunjukkan rute perjalanan MRT Jakarta.
Pengguna cukup mengisi kedua lokasi keberangkatan dan tujuan di Google Maps untuk mendapatkan informasi rute dan nama stasiun. Pengguna juga bisa melihat jam berapa kereta akan sampai di stasiun pilihan, berikut estimasi perjalanan.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps, Bisa Prediksi Waktu Kedatangan di Tujuan

Lebih singkatnya, berikut tiga langkah menggunakan fitur Transit untuk MRT di Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, maupun desktop.
  • Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah layar.
  • Setelah di klik, pilih ikon “Transit” (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain yang Anda perlukan.
  • Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.


“Kami berharap penambahan informasi untuk Ratangga (kereta MRT Jakarta) di Google Maps ini dapat membantu dan memudahkan warga Jakarta bahkan pendatang dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari,” ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (1/4/2019).

"Kami berharap dengan ketersediaan informasi seputar perkiraan waktu perjalanan, jadwal MRT Jakarta di Google Maps ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Muhammad Kamaludin, Corporate Secretary PT MRT Jakarta.

Selain itu, fitur ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan MRT Jakarta secara keseluruhan untuk mewujudkan penyediaan transportasi publik dengan standar internasional,” imbuh Kamaludin.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tepis Teori Bumi Datar

Transit adalah fitur dari Google Maps yang didesain untuk membantu merencanakan perjalanan menggunakan transportasi publik dengan lebih mudah dan cepat.

Google Maps Transit tersedia dalam aplikasi Google Maps di Android, iPhone, maupun Web, dan telah tersedia di ratusan kota di belasan negara, dengan partner-partner baru bergabung setiap saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com