Perjalanan MRT Jakarta Bisa Dipantau Pakai Google Maps

Kompas.com - 01/04/2019, 15:33 WIB
Suasana masyarakat saat mengikuti kegiatan uji coba kereta MRT fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Uji coba publik kereta MRT fase 1 dilakukan mulai 12-23 Maret 2019. Hingga 11 Maret, tercatat 184.738 orang yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian uji coba tersebut. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana masyarakat saat mengikuti kegiatan uji coba kereta MRT fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Uji coba publik kereta MRT fase 1 dilakukan mulai 12-23 Maret 2019. Hingga 11 Maret, tercatat 184.738 orang yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian uji coba tersebut.

KOMPAS.com - Pengguna moda transportasi Mass Rapid Transit ( MRT) Jakarta kini bisa memantau perjalanan kereta dengan mudah menggunakan aplikasi Google Maps

Google Indonesia mengumumkan bahwa Google Maps kini memuat informasi seputar perjalanan MRT Jakarta, seperti informasi tentang rute, jadwal, dan waktu tiba, meliputi rute Stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Informasi-informasi di atas bisa diakses melalui fitur Transit di aplikasi Google Maps. Transit merupakan fitur berisi informasi publik transportasi pertama di Indonesia yang tersedia di Google Maps.

Sebelumnya, informasi rute perjalanan bus Transjakarta juga telah diintegrasikan ke dalam fitur Transit di Google Maps.

Tampilan antarmuka fitur Transit di Google Maps menunjukkan rute perjalanan MRT Jakarta.Google Tampilan antarmuka fitur Transit di Google Maps menunjukkan rute perjalanan MRT Jakarta.
Pengguna cukup mengisi kedua lokasi keberangkatan dan tujuan di Google Maps untuk mendapatkan informasi rute dan nama stasiun. Pengguna juga bisa melihat jam berapa kereta akan sampai di stasiun pilihan, berikut estimasi perjalanan.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps, Bisa Prediksi Waktu Kedatangan di Tujuan

Lebih singkatnya, berikut tiga langkah menggunakan fitur Transit untuk MRT di Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, maupun desktop.
  • Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah layar.
  • Setelah di klik, pilih ikon “Transit” (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain yang Anda perlukan.
  • Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.


“Kami berharap penambahan informasi untuk Ratangga (kereta MRT Jakarta) di Google Maps ini dapat membantu dan memudahkan warga Jakarta bahkan pendatang dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari,” ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (1/4/2019).

"Kami berharap dengan ketersediaan informasi seputar perkiraan waktu perjalanan, jadwal MRT Jakarta di Google Maps ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Muhammad Kamaludin, Corporate Secretary PT MRT Jakarta.

Selain itu, fitur ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan MRT Jakarta secara keseluruhan untuk mewujudkan penyediaan transportasi publik dengan standar internasional,” imbuh Kamaludin.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tepis Teori Bumi Datar

Transit adalah fitur dari Google Maps yang didesain untuk membantu merencanakan perjalanan menggunakan transportasi publik dengan lebih mudah dan cepat.

Google Maps Transit tersedia dalam aplikasi Google Maps di Android, iPhone, maupun Web, dan telah tersedia di ratusan kota di belasan negara, dengan partner-partner baru bergabung setiap saat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X